Home / Berita Satuan / Kodim Jakarta Utara Berjibaku Bersihkan Tumpukan Sampah Teluk Jakarta

Kodim Jakarta Utara Berjibaku Bersihkan Tumpukan Sampah Teluk Jakarta

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Sekitar 50 ton sampah menumpuk dan membentuk daratan di kawasan hutan bakau Ecomarine Tourism Mangrove. Risih melihat kondisi tersebut, Dandim Jakarta Utara menerjunkan puluhan prajuritnya untuk berjibaku membersihkan tumpukan sampah bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup dan PPSU, di pemukiman nelayan Blok Empang Muara Angke Kel. Pluit Kec. Penjaringan Jakarta Utara, Senin (19/3/18).

Menurut Dandim Letkol Arm Arif Rahman, S.Sos., M.M, sebagian besar sampah terdorong akibat gelombang pasang laut dan fenomena rob. “Sampah ini berlapis-lapis banyaknya, hingga membentuk daratan, dibutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun demikian, kebersihan Teluk Jakarta adalah prioritas, kita akan upayakan semaksimal mungkin sampai area benar-benar bersih, untuk digunakan sebagai lahan konservasi atau hutan bakau nantinya”, terang Dandim.

Wakil Komandan Koramil Penjaringan Kapten Kav Teguh tampak mengendalikan 1 Pleton personel Yonzikon-14/Sws di lapangan, dilengkapi dengan peralatan dan armada pengangkut sampah. “Kita menginginkan kawasan ini bisa bersih kembali,” harap Teguh.

Menurut Wadanramil, pembersihan dilakukan dengan dua cara. Secara manual yaitu sampah dipungut kemudian dimasukkan ke karung dan dikumpulkan, kemudian dimasukkan ke truk sampah milik Yon Zikon dan Dinas LH. Pembersihan menggunakan alat pengeruk (alat berat) digunakan juga untuk pembersihan di area yang ‘dalam’ dan sulit terjangkau.

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Kav Teguh sangat mengharapkan peran serta dan kepedulian dari seluruh masyarakat. “Bila akan membuang sampah masyarakat hendaknya memilah terlebih dahulu jenisnya. Kebanyakansampah adalah limbah rumah tangga, terutama botol air mineral dan plastik yang sangat sulit di urai oleh alam. Semoga ini menjadi pembelajaran untuk kita semua, agar lebih care pada kebersihan lingkungan”, pungkasnya.

Check Also

Kapendam Jaya Membuka Pelatihan Jurnalistik Bagi Satuan Jajaran Kodam Jaya

Kodam Jaya-Cililitan, Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra membuka Pelatihan Jurnalistik Bagi Satuan …