Home / Berita Satuan / Kodim Tangerang Ajak Masyarakat Tingkatkan Toleransi Beragama

Kodim Tangerang Ajak Masyarakat Tingkatkan Toleransi Beragama

Kodam Jaya – Tangerang. Mengantisipasi makin maraknya isu penganiayaan terhadap tokoh agama akhir-akhir ini, disikapi Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Tangerang dengan mengadakan acara bertajuk peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama dengan tema “Toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama merupakan pondasi terciptanya keutuhan NKRI” di Ruang Rapat Al Amanah Lt. V Gedung Puspem Kota Tangerang Jl. Satria Sudirman No. 1 Kota Tangerang, Kamis (15/3/18).

Acara tersebut diikuti perwakilan tokoh masyarakat dari berbagai unsur agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA). Beberapa tokoh juga hadir sebagai narasumber seperti Pjs. Walikota Tangerang Muhamad Yusuf, Wakasat Intelkam Polres Metro Tangerang Kota Kompol Zainal Abidin, Nurhasan dari Kementrian Agama Kota Tangerang dan Pasi Intel Kodim 0506/Tangerang Korem 052/Wijayakrama Kapten Arh Bambang EP.

Dalam kesempatan itu, Bambang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan hidup beragama. “Mari kita hidup bersama di tengah perbedaan, hakekat beragama mengandung ajaran ilmiah dengan percaya kebenaran secara mutlak. Sebagai pedoman hidup dan percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa mempunyai nilai moral dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” papar Bambang.

Bambang juga menyampaikan Pancasila adalah way of life (jalan hidup), karena nilai moral bangsa Indonesia yang menjadi sasaran penghancuran, maka diperlukan ideologi yang kuat untuk melawannya.

Selain itu, Bambang juga menggugah untuk meningkatkan rasa senasib sepenanggungan dan solidaritas kebangsaan. “Kita harus mengedapankan semangat kebangsaan dan rela berkorban bagi kepentingan bangsa. Rasa senasib sepenanggungan dan solidaritas sebagai anak bangsa harus diawali dengan menjadi pemimpin yang baik bagi diri sendiri,” pungkasnya.

Check Also

Upaya Cegah Penyebaran Virus Corona Dengan Gebrak Masker di Cempaka Putih

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 terus dilakukan aparat tiga …