Home / Berita Satuan / Kodim Tangerang Bina Generasi Muda Melalui Pembentukan Saka Wira Kartika

Kodim Tangerang Bina Generasi Muda Melalui Pembentukan Saka Wira Kartika

Kodam Jaya – Tangerang. Dandim 0506/Tgr Letkol Inf M. I. Gogor AA selaku inspektur upacara mengukuhkan anggota Saka Wira Kartika Kodim 0506/Tgr di Makodim, Tangerang, Kamis (9/8/18).

Pengukuhan anggota Saka Wira Kartika dari tingkat SMA yang tersebar dari wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan ini ditandai dengan penyematan tanda pengurus dan penyiraman air bunga oleh Dandim sebagai tradisi.

Dandim 0506/Tgr Letkol Inf M. I. Gogor AA dalam sambutannya mengatakan, sebagai anggota pramuka harus siap menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai jiwa nasionalisme dan semangat bela negara yang tinggi.

“Satuan Karya Pramuka Wira Kartika yang baru berupa Satuan Karya Rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir Tahun 2007. Pembentukannya berdasarkan Peraturan bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan,” jelas Letkol Inf Gogor.

Menurutnya, Saka binaan TNI AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. Saka Wira Kartika ini memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam satuan Krida antara Lain, Krida Survival, Krida Pioner, Krida Mountenering, Krida Navigasi Darat dan Krida Bintal Juang (penanggulangan bencana alam/PBA).

Diharapkan dengan dilantiknya pengurus baru, Saka Wira Kartika ini akan lebih maju dalam pengabdian kepada negara. Anggota Saka Wira Kartika yang baru akan ditempatkan di Koramil-Koramil yang berada di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. “Ini sebagai langkah nyata jajaran Kodim 0506/Tgr dalam membina generasi muda lewat kegiatan pramuka dalam mengabdikan dirinya untuk negara dan lingkungan sesuai dengan namanya yaitu, Satuan Karya yang mengharuskan mengkaryakan dirinya kepada lingkungan dan masyarakat,” harap Dandim.

Check Also

Danramil 02/PG Bersama Kapospol Wahana Pantau Dan Pastikan Sesuai Protkes Acara Pernikahan Artis Sutisna alias Sule

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Dalam suasana pandemi saat ini, semua acara yang akan menimbulkan …