Home / Berita Satuan / Koramil Kelapa Gading Pelopori Upaya Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Koramil Kelapa Gading Pelopori Upaya Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Wadanramil-06/Kelapa Gading, Kapten Arm Surorejo menghadiri pertemuan  sambung rasa dan buka puasa bersama tokoh masyarakat kelurahan Kelapa Gading Barat dan seksi hubungan antar agama dan kemasyarakat paroki Gereja Santo Yakobus Kelapa Gading Kelapa Gading Jakut, Rabu (6/6/2018).

Dalam kesempatan tersebut Danramil  menyampaikan bahwa keharmonisan dalam komunikasi antar sesama penganut agama adalah tujuan dari terciptanya kerukunan beragama. Dengan adanya kerukunan antar umat beragama maka akan menciptakan masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama.

“Kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di tengah perbedaan. Perbedaan bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan. Kesadaran akan kerukunan hidup umat beragama harus bersifat dinamis, humanis dan demokratis sehingga dapat ditransformasikan kepada masyarakat  kalangan bawah sehingga kerukunan tersebut tidak hanya dapat dirasakan/dinikmati oleh kalangan-kalangan tertentu saja,”ucap Danramil

Kerukunan beragama di tengah keanekaragaman budaya dianggap penting dan merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa, Pancasila telah teruji sebagai alternatif yang paling tepat untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk di bawah suatu tatanan yang inklusif dan demokratis.

Menyadari kondisi tersebut, Wadanramil juga mengajak warga Kelapa Gading agar tetap solid dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan.  “Kita jangan mudah terpancing dengan isu yang mengatasnamakan agama. Masalah keamanan tolong dijaga, apalagi bagi warga yg mau mudik pulang kampung. Semoga acara ini dapat menciptakan masyarakat yang aman damai, hidup rukun dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap pemeluk agama yang satu dengan yang lainnya,” harapnya.

Pada Kesempatan ini pula, Lurah Kelapa Gading Barat mengharap kegiatan antar tokoh agama di masa yang akan datang bisa berkelanjutan. “Kegiatan ini sangat penting buat kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” tegas ibu Lurah.

Sementara itu Romo Tanjung Kusuma mewakili Paroki Santo Yakobus mengharapkan adanya sikap toleransi antar umat beragama dalam melancarkan pembangunan Indonesia. “Semoga toleransi yang sudah terbina tetap berjalan dengan baik dan semoga pula kegiatan yang kita lakukan akan membentuk semangat untuk bersatu sebagai elemen bangsa untuk menjadi negara yg besar. Selamat berbuka puasa,” ujar Romo Tunjung Kusuma .

Kegiatan tersebut dihadiri  Kapolsek Kelapa Gading Kompol DR Martua Raja Silitonga SH MSi, Ibu Lurah Kelapa Gading Barat Ibu Suci Shitya, Romo Tunjung Kusuma, Para Ketua RW dan RT, Ketua FKDM Kelapa Gading Barat dan Penceramah KH DR Asep Saepudin SH MH serta tamu undangan 100 orang.

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …