Home / Berita Satuan / Koramil Kramat Jati Sukseskan Operasi Biduk Sudin Dukcapil Jakarta Timur

Koramil Kramat Jati Sukseskan Operasi Biduk Sudin Dukcapil Jakarta Timur

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Salah satu tugas bantuan yang dapat diperankan oleh Koramil adalah mendukung kelancaran Operasi Biduk (Bina Kependudukan) yang dilakukan petugas dari Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) setempat. Seperti yang dilakukan anggota Koramil 05/Kramat Jati Kodim 0505/Jakarta Timur bersama unsur Tiga Pilar membantu pelaksanaan operasi Biduk di RW.02 Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar yang digelar Sudin Dukcapil Kota Jakarta Timur, Rabu (25/7/18). Danramil 05/Kramat Jati, Kapten Inf Djamal memimpin langsung anggota Koramil dalam tugas perbantuan ini.    

“Sebanyak 258 SKDS (Surat Keterangan Domisili Sementara) telah diterbitkan oleh petugas Sudin Dukcapil untuk warga pendatang yang terdata belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) DKI Jakarta, juga tadi ada 5 warga yang langsung dilakukan perekaman KTP Elektronik,” ucap Danramil. 

Sementara itu Kepala Sudin (Kasudin) Dukcapil, Sukma Wijaya menjelaskan, operasi Biduk dilakukan dengan cara simpatik, sopan dan memberikan penjelasan yang terinci kepada warga tentang tertib administrasi kependudukan. “Operasi Biduk bukan kegiatan untuk menakuti warga, melainkan  pelayanan langsung atau jemput bola untuk membantu mengurus kartu identitas bagi warga pendatang yang tinggal di Jakarta,” jelasnya.

Dalam operasi Biduk ini, Sudin Dukcapil Jakarta Timur bekerja sama dengan Lurah dan Camat Makasar serta dibantu aparat keamanan dari Polsek dan Koramil Kramat Jati. Sukma Wijaya juga mengatakan, pihaknya kembali menggelar kegiatan operasi Biduk di Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar pada 25-26 Juli 2018. “Kami berharap warga banyak yang datang untuk mengurus surat identitas diri dengan tertib administrasi kependudukannya, sebelum atau saat digelar kegiatan operasi Biduk. Bagi pendatang, ataupun warga setempat yang tinggal di Jakarta wajib mengurus surat pindah dari daerah asalnya,” tutup Sukma.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …