Home / Berita Satuan / Koramil Tangerang Dampingi Petani Tanam Bibit Padi Sistem Legowo

Koramil Tangerang Dampingi Petani Tanam Bibit Padi Sistem Legowo

Kodam Jaya – Cipondoh. Jajaran Kodim 0506/Tangerang terus memberikan pendampingan pertanian dalam kegiatan Upaya Khusus (Upsus) membantu para petani di wilayah binaan. Seperti pendampingan Upsus yang dilakukan Babinsa Koramil 01/Tangerang saat membantu petani dari Kelompok Tani Cipta Sejahtera, menghamparkan bibit padi dengan sistem jajar legowo di Kampung Gunung Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (8/5/18).

“Babinsa yang melakukan penanaman bibit padi adalah Serma Dulhalim Babinsa Kelurahan Koang Jaya, Serka Dwi S Babinsa Kelurahan Pasar Baru, Serda Deni J Babinsa Kelurahan Kunciran Indah dan Serda R Novianus Babinsa Kelurahan Sudimara Pinang, kesemuanya membantu kelompok tani menyebar bibit padi,” kata Danramil 01/Tangerang Mayor Arh Iman Kartiman.

Ia juga menjelaskan, dipilihnya sistem jajar legowo karena sistem ini dapat meningkatkan hasil panen. “sesuai namanya, Legowo berasal dari bahasa Jawa,  kata Lego berarti luas dan Dowo berarti panjang. Sehingga tujuan utama dari tanam padi dengan sistem ini adalah untuk meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir,” jelasnya.

Danramil juga berharap, pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa jajarannya sebagai wujud dari ketahanan pangan di desa binaannya, dapat terus berlanjut sehingga para petani dapat turut serta menciptakan swasembada pangan secara nasional dan masyarakat terhindar dari kekurangan pangan.

Check Also

Komsos Vaksin Koramil Mauk Berhasil, Target 1500 Terdaftar 2.062 Orang

Kodam Jaya – Tigaraksa. Untuk menyukseskan program, baik Program Pemerintah tidak lepas dari peran serta …