Home / Berita Satuan / Koramil Tangerang Sulap Lahan Kosong Menjadi Kebun Jagung Yang Menguntungkan

Koramil Tangerang Sulap Lahan Kosong Menjadi Kebun Jagung Yang Menguntungkan

Kodam Jaya – Tangerang.  Menyukseskan program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan memang memerlukan inovasi dan kemauan kuat untuk mengatasi kesulitan yang ditemui. Seperti yang dilakukan jajaran Koramil 01/Tangerang Kodim 0506/Tangerang yang berhasil menyulap lahan tidak produktif menjadi perkebunan jagung yang menguntungkan.

Berawal dari gagasan Danramil 01/Tangerang Mayor Arh Iman Kartiman untuk melakukan serbuan teritorial di lahan kosong di RW.05 Kelurahan Bojong Jaya yang kondisinya sangat tidak terawat dan menjadi lahan tidur sejak lama. Kemudian bersama anggotanya (para Babinsa), Danramil menyulap lahan tidak produktif tersebut menjadi kebun jagung. Mulai dari pengolahan tanah hingga panen semuanya dilakukan para Babinsa Koramil 01/Tangerang.

Inovasi dan kemauan kuat jajaran Koramil 01/Tangerang ini pun membuahkan hasil saat tanaman jagung di lahan yang dulunya kosong tersebut mulai dipanen, Selasa (3/4/18). Bersama Babinsa, Wadanramil Kapten Inf Saryoto langsung terjun memimpin panen raya jagung tersebut.

“Semua ini usaha Koramil tanpa dibantu masyarakat sipil atau petani. Ini sebagai contoh, sehingga kedepannya, para Babinsa dapat menularkannya kepada warga binaan demi mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujar Saryoto.

Saryoto juga menjelaskan bahwa dipilihnya jagung karena harganya cenderung stagnan (tetap), meski terkadang mengalamai kenaikan, tapi sangat jarang mengalami penurunan, sehingga selalu menguntungkan. “Rencananya sebagian hasil panen akan kita jual ke pasar dan sebagian lagi akan kita bakar bersama di Koramil sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan penanaman jagung tersebut,” tutupnya.

Check Also

Muspika dan Koramil 07/Cipayung Gelar OPS Yustisi

Kodam Jaya – Jakarta timur. Pelaksanaan Operasi Yustisi PSBB dalam rangka Penerapan Penegakan hukum Disiplin …