Home / Berita Satuan / Korem 051/Wkt Gelar Apel Pengamanan Pilkada

Korem 051/Wkt Gelar Apel Pengamanan Pilkada

Cikarang, Kab Bekasi-Dalam rangka menghadapi pesta demokrasi yakni Pilkada di wilayah provinsi Jawa Barat, personel Korem 051/Wkt beserta unsur pasukan BKO melaksanakan apel gelar pasukan dan perlengkapan pengamanan Pilkada Tahun 2018, dilapangan upacara Makorem 051/Wkt Jln Niaga Raya Kav 1 Jababeka Cikarang Kab Bekasi, Kamis (18/1).

Dalam apel gelar pasukan selaku Inspektur upacara (Irup) Kasiter Korem 051/Wkt Letkol Arm Joko Triyanto yang mewakili Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan masing-masing satuan yang terlibat pengamanan pilkada baik personel maupun perlengkapan sebelum diterjunkan ke lapangan. Apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini berkekuatan 3 SSK dengan perkuatan satuan BKO 1 SSK dari Yonkav 7/PS.

“apel gelar ini perlu persiapan dan perencanaan yang detail sehingga dapat berjalan secara optimal nantinya, guna membantu tugas perbantuan BKO kepada Kepolisian demi mensukseskan pelaksanaan Pilkada, ” ucap Joko saat memimpin apel gelar pasukan.

Dilain itu Joko menambahkan, gelar pasukan yang diselenggarakan ini sangat penting guna menjamin tugas pengamanan diwilayah Korem 051/Wkt, khususnya dalam mencermati situasi dan perkembangan di tahun politik yang dapat menimbulkan kerawanan, berupa kampanye hitam, isu Sara, money politik, dan intimidasi serta segala bentuk kecurangan yang berdampak pada terjadinya kerusuhan sosial dimasyarakat. Dengan berkaca dari pelaksanaan Pilkada sebelumnya maka personel Korem 051/Wkt dituntut untuk ikut membantu dalam memelihara stabilitas keamanan diwilayah dan tetap menjaga netralitas dilapangan.

“pegang teguh netralitas, karena netralitas dengan segala aspeknya mutlak dan tidak dapat di tawar-tawar dan ini berlaku bagi semua prajurit dari level teratas sampai yang paling bawah, ” tegasnya.

Dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada melalui perbantuan BKO kepada Kepolisian mengacu kepada UU No 34 /2004 Tentang TNI yang tertuang pada pasal 7 ayat (2) b 10, yaitu membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas pengamanan dan ketertiban masyarakat. Disamping itu Publik berharap TNI bisa tetap menjaga sikap netral dengan tidak memihak salah satu calon Parpol dalam pelaksanaan Pilkada 2018 dilapangan bersama dengan unsur kepolisian. “laksanakan tugas pengamanan dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas agar pelaksanaan tugas nantinya dapat berjalan dengan terbit, aman dan lancar, ” pungkas Joko Dalam akhir sambutannya.

 

Check Also

Pangdam Jaya Menghadiri Undangan Ngopi Bareng TNI-Polri di Mako Brimob Kelapa Dua

Kodam Jaya – Kelapa Dua Depok. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M., menghadiri …