Home / Berita Satuan / Korem 052/Wijayakrama Bina dan Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Sosial Para Prajurit

Korem 052/Wijayakrama Bina dan Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Sosial Para Prajurit

Kodam Jaya – Segenap anggota jajaran Komando Resor Militer (Korem) 052/Wijayakrama menerima Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial serta Pembinaan Netralitas TNI terkait Pilkada tahun 2018 di Aula Sudirman Makorem 052/Wkr Tangerang, Banten, Senin (5/3/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Komandan Korem 052/WKR Kolonel Inf Iwan Setiawan S.E.,M.M., dengan mengusung tema “Melalui Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial, Kita Wujudkan Aparat Teritorial Yang Profesional Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pembinaan Teritorial di Wilayah”.

Dihadapan Kepala Staf Korem (Kasrem) 052/WKR, Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 052/WKR Mayor Inf Leo Octavianus M. Sinaga dalam kesempatan tersebut menyampaikan tata cara, etika dan tehnik komsos yang baik. Diantaranya, harus memahami betul siapa yang di ajak bicara, harus berhadapan langsung baik wajah/badan, serta memahami betul pola pikir lawan bicara, dalam hal ini yang dimaksud lawan bicara adalah segenap lapisan masyarakat, terutama bagi masyarakat binaan dari masing-masing Babinsa.

Selain pencerahan barusan, Mayor Leo juga memberikan beberapa penekanan. “Pelajari dulu kultur atau kebiasaan mereka, sampaikan maksud ataupun tujuan kita dengan jelas, jangan berbelit-belit, tulus dan terbuka. Bila dianggap perlu dan menguasai, sampaikanlah informasi dengan memakai dialek ataupun bahasa sehari-hari si penerima informasi, agar lebih cepat dimengerti dan tercapai tujuan yang diharapkan,” terangnya.

Sejalan dengan tema diatas yang diusung dan berkaitan erat dengan tugas-tugas pokok para prajurit Korem 052/WKR ke depan, terutama dengan sikap ‘ketidakberpihakan’ saat Pilkada Serentak 2018 nanti, seluruh larangan kembali disampaikan kepada segenap Prajurit dan ASN jajaran Korem 052. Diantaranya, tidak berada di area TPS pada saat pelaksanaan pemungutan suara (kecuali ASN yang akan memberikan suara). Kemudian, dilarang keras memasang atribut partai ataupun identitas peserta Pemilu di lingkungan Markas, Asrama dan Fasilitas TNI lainnya. Selanjutnya, setiap Pimpinan/ Komandan/Atasan dilarang menyambut atau mengantar pendukung maupun kontestan.

“Intinya kita harus Netral. Sesuaikan tugas sebaik-baiknya dalam setiap dinamika yang terjadi di lapangan, laporkan secara hierarki dan berjenjang pada kesempatan pertama”, tandasnya di hadapan para Prajurit dan ASN jajaran Korem 052/WKR.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …