Home / Berita Satuan / Lantik Pengurus Saka Wira Kartika, Danramil Tanjung Priok Ajak Jadi Teladan Masyarakat

Lantik Pengurus Saka Wira Kartika, Danramil Tanjung Priok Ajak Jadi Teladan Masyarakat

Kodam Jaya – Tanjung Priok. Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika merupakan satuan bersifat nasional yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwarnas (Kwartir Nasional) dengan TNI AD yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara bagi generasi muda. Keterlibatan TNI AD dalam organisasi ini sangat penting dari tingkat pusat hingga daerah. Di tingkat Koramil, seorang Danramil secara otomatis menjadi Ketua Pembimbing Saka Wira Kartika. Bahkan Danramil berhak melantik kepengurusan Saka Wira Kartika di wilayahnya.

Di Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Pusat, kepengurusan Pramuka Saka Wira Kartika periode 2018-2020 baru saja dikukuhkan. Acara pelantikannya dipimpin langsung oleh Danramil 03/Tanjung Priok Mayor Chb Rusmanto Simbolon di Aula Makoramil Jalan Yos Sudarso,  (28/7).

Kepengurusan itu diserahterimakan dari Ahmad Fauzi kepada Muhammad Radhan yang juga dirangkai penerimaan anggota baru dengan melakukan penyematan patch/badge Sakawira Kartika di lengan sebelah kanan perwakilan Pramuka.

Dalam amanatnya Danramil menyampaikan, pentingnya mental yang tangguh, disamping kekuatan fisik untuk menjadi pengurus. “Tidak mudah untuk menjadi anggota apalagi pengurus Saka, butuh mental  baja, fisik yang prima, tekad yang kuat dan jiwa korsa yang tinggi. Ujian-ujian yang telah kalian lalui, jadikanlah sebagai pengalaman yang berharga serta modal utama dalam berorganisasi di Saka Wira Kartika,” jelas Danramil.

Danramil juga berterima kasih kepada pembina, pembimbing dan pelatih yang telah berupaya keras untuk mendidik anggota Saka Wira Kartika Koramil Tanjung Priok, hingga mempunyai jiwa nasionalis, berkarakter, cinta tanah air dan bangsa.

“Saya sangat bangga kepada adik-adik yang terpilih sebagai pengurus dewan Saka Wira Kartika, mari bersama-sama kita kembangkan bakat, minat dan kemampuan serta tanamkan semangat dan jiwa korsa agar selalu siap menjadi tauladan dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat,” tutup Danramil.

Kegiatan ink dihadiri Wadanramil Kapten Arh Darwin Silaban, anggota staf, para Babinsa, Ketua Kwarcam Tanjung Priok, para Ketua Kwarran, para Ketua Dewan Saka Wira Kartika dan segenap anggota Pramuka Saka Wira Kartika 03/Tanjung Priok.

Setelah kegiatan pelantikan, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan navigasi darat, pioneering, mountaineering, survival dan penanggulangan bencana yang merupakan krida-krida dalam saka Wira Kartika.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …