Home / Bilik Prestasi / Lomba Ton Tangkas TNI AD Periode II 2018, Kodam Jaya Juarai Materi Aplikasi Ilmu Medan

Lomba Ton Tangkas TNI AD Periode II 2018, Kodam Jaya Juarai Materi Aplikasi Ilmu Medan

Kodam Jaya – Cipatat. Memasuki hari keempat gelaran Lomba Ton Tangkas Periode II 2018, kontingen Kodam Jaya berhasil meraih juara pertama dalam materi ilmu medan yang diaplikasikan di daerah Saguling Komplek, Cipatat, Jawa Barat, Kamis (3/4/18).

Berdasarkan hasil yang dikeluarkan panitia lomba materi aplikasi ilmu medan, Kontingen Kodam Jaya berhasil meraih total nilai 893,83 hasil perhitungan gabungan dari nilai teori, kecepatan waktu dan ketepatan sasaran. Dengan hasil ini, Kontingen Kodam Jaya mengungguli 14 kontingen lainnya. Kodam XII/Tanjungpura dan Divisi-1 Kostrad menempati urutan setelah Kodam Jaya dengan meraih total nilai masing-masing 814,32 dan 838,55.

Mekanisme lomba ilmu medan diawali dengan pemeriksaan kesehatan seluruh peserta, kemudian dilanjutkan dengan pengundian urutan keberangkatan. Masing-masing kontingen mendapat persoalan untuk menentukan koordinat sasaran yang akan dicari dengan jarak tempuh tidak kurang 8,5 Km dari titik pemberangkatan.

Tiap-tiap kontingen langsung dipimpin Danyon masing-masing mencari sasaran yang telah ditentukan dalam persoalan. Selain mengandalkan pengetahuan navigasi darat seperti menentukan koordinat dan membaca tanda-tanda medan, materi aplikasi ini juga membutuhkan kondisi fisik yang prima karena medan yang harus dilalui sangat bervariasi seperti jalan perkampungan, perbukitan yang terjal, tanah berlumpur dan menyeberangi sungai.

Dengan raihan nilai tertinggi di materi aplikasi ilmu medan ini, Kontingen Kodam Jaya hingga hari keempat lomba Ton Tangkas Periode II 2018 sementara berada di peringkat ketiga dengan poin 56, dibawah Divisi-1 Kostrad dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Check Also

SMK Karya Guna Bakti I, Terbaik Lomba PBB Piala Sinergitas Tiga Pilar Bekasi

Kodam Jaya – Bekasi. Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto didampingi Kapolrestro Bekasi Kota Kombes …