Home / Berita Satuan / Makodim Kota Depok Serasa di Afrika

Makodim Kota Depok Serasa di Afrika

DEPOK – Tanaman sorgum, yang merupakan tanaman pangan alternatif pengganti nasi, mulai dikembangkan budidayanya di Makodim Kota Depok. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya daerah yang memanfaatkan makanan serealia ini sebagai bahan pangan.

Menurut Dandim 0508/Dpk Letkol Inf Iskandarmanto, tanaman sorgum yang merupakan tanaman asal Afrika, mempunyai prospek yang sangat baik untuk dikembangkan secara komersial di Indonesia, karena didukung oleh kondisi agroekologis dan ketersediaan lahan yang cukup luas.

“Di Indonesia, sebenarnya sorgum sudah sejak lama dikenal. Tetapi pengembangannya tidak sebaik padi dan jagung, dikarenakan masih sedikitnya daerah yang memanfaatkan sorgum sebagai bahan pangan. Sebab itu, kita ingin lebih memperkenalkannya lagi, khususnya bagi warga Depok,” kata Dandim

Tanaman sorgum, lanjut Dandim, yang karakteristiknya hampir sama seperti tanaman jagung, mempunyai banyak manfaat dan prospek yang sangat baik untuk dikembangkan secara komersial di wilayah Depok, karena didukung oleh kondisi agroekologis dan ketersediaan lahan yang cukup luas.

“Nantinya kami akan menyarankan seluruh Babinsa untuk mengenalkan tanaman sorgum ini ke masyarakat Depok agar dapat dibudidayakan ,” papar Dandim

Dijelaskannya, bibit yang ditanam oleh Kodim Depok, Kamis (25/1) pagi, merupakan bibit unggul yang didapatkan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). “Kalau bibit biasa, ketinggian pohonnya bisa mencapai dua meter. Tetapi kalau bibit unggul hanya mencapai satu meter,” urai Dandim.

Menurut Dandim, untuk tanaman sorgum, panennya dapat mencapai tiga kali panen dalam satu kali penanaman. Hal inilah yang membuat nilai ekonomisnya sangat bermanfaat.

“Nanti coba rekan media lihat, kalau tanaman sorgum Kodim 0508/Dpk sudah panen, Makodim Depok serasa seperti di Afrika,” guyon Dandim, menutup keterangannya seputar tanaman sorgun.

Check Also

Himbau Protokol Kesehatan, Serma Purwanto Komsos di Pasar Saraswati

Kodam Jaya – Tangerang. Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, anggota Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr, …