Home / Berita Satuan / Meski Terbatas Lahan Pertanian, Kodim Jakarta Selatan Tetap Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Meski Terbatas Lahan Pertanian, Kodim Jakarta Selatan Tetap Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Kodam Jaya – Depok. Tidak tersedianya lahan pertanian di wilayah teritorialnya, tidak menghambat peran Kodim Jakarta Selatan untuk menyukseskan program ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan para Prajurit Kodim Jakarta Selatan dengan melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani Galang Sari, di Gang Langgar, Desa Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (4/9/19).

Di lahan seluas 1 hektar itu, tampak Prajurit Kodim Jakarta Selatan tengah melakukan pemeliharaan tanaman seperti penyemprotan, pembersihan rumput di sela tanaman padi dan tanaman lainnya, pembersihan saluran air serta pemberian pupuk tanaman.

Dandim Jakarta Selatan Kolonel Arh Tony Setyawan SE, menjelaskan, kegiatan pendampingan kepada petani ini dilakukan rutin sepanjang tahun. Beberapa tanaman yang saat ini sudah tumbuh, sebutnya tidak hanya padi, tapi ada juga tanaman sayuran. “Bersama petani, kita sudah menanam padi Ciherang. Juga ada sayuran seperti terong, cabe, tomat dan kangkung,” jelas Dandim.

Ditambahkannya, tujuan pendampingan kepada petani ini agar hasil panen bisa meningkat dan bisa mendukung program pemerintah. “Kita ingin hasil panen petani bisa terus meningkat, sehingga berdampak positif terhadap tingkat perekonomian di sekitarnya sekaligus bisa menyukseskan program ketahanan pangan pemerintah,” imbuhnya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan keseriusan para Prajurit Kodim Jakarta Selatan melakukan pendampingan di kelompok tani masing-masing. “Anggota yang di lapangan harus betul-betul serius dan fokus membantu petani dan bersinergi dengan petugas pertanian pemerintah setempat, mulai dari edukasi cara tanam, pemeliharaan bibit dan perawatan hingga saat panen, sehingga diperoleh hasil yang baik,” pungkasnya.

Check Also

Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 Kelurahan Pademangan Barat Mengadakan Giat Himbauan 3 M Dan Gelar Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Ditengah wabah pandemi Covid-19, Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 sebagai …