Dandim 0504/Jakarta Selatan Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan Kepada Calon Anggota Paskibraka

Berita Satuan   Jum'at, 01/03/2024   



Jaksel - Dandim 0504/Jakarta Selatan Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, S.E, M.I.Pol., memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada Calon Anggota dan Purna Paskibraka Kota Administrasi Jakarta Selatan, saat menjadi narasumber kegiatan sosialisasi seleksi Paskibraka Tahun 2024, bertempat di Ruang Antasari Lantai III Blok B-C  Kantor Walikota Jakarta Selatan, jln. Prapanca Raya No.9 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.


Dandim 0504/Jakarta Selatan menyampaikan bahwa materi Wawasan Kebangsaan berguna untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan rasa cinta tanah air kaum muda penerus bangsa khususnya untuk para anggota paskibraka.


"Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan di sekitarnya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah di dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara",pangkas Dandim. 


"Contoh penerapannya seperti menghormati lambang negara, memelihara budaya bangsa, menghormati jasa jasa pahlawan dan mengikuti perayaan hari kemerdekaan negara, termasuk menjadi anggota paskibraka",ujarnya.


Sesuai dengan UU No 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dimana bela negara merupakan sikap dan prilaku warga negara yang menjiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara seutuhnya, untuk itu selaku warga negara Indonesia tentunya kalian harus ikut serta dalam bela negara dengan mencintai tanah air Indonesia, mentaati segala peraturan yang berlaku",lanjutnya.


“Sebagai seorang pelajar dan calan anggota Paskibraka kalian harus menjadi teladan yang baik dalam berprilaku sehari-hari di lingkungan masyarakat, salah satunya adalah dengan menghindari pergaulan bebas, menghindari tawuran antar pelajar dan penyalahgunaan narkoba karena narkoba dapat menyebabkan rusaknya generasi penerus bangsa. Kalian generasi muda harus belajar dengan giat untuk mencapai cita cita",tutup Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0504/JS Letkol Inf Roy Fahrul Rozi, S.E, M.I.Pol, Kepala Kesbangpol M. Dirham, PLT Direktur Paskibraka Leo Epriansyah, Akademisi Unsia Siska Fitria, DPPI Paskibraka Yanwar dan peserta seleksi Paskibraka Tahun 2024 Jakarta Selatan.





Loading...

Loading...
Loading...