Home / Sekilas Persit / Panen Pakcoy Dan Keterampilan Membuat Kantong Serbaguna

Panen Pakcoy Dan Keterampilan Membuat Kantong Serbaguna

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Jaya Ny. Rahma Dudung Abdurachman beserta Pengurus PD Jaya dan Dharma Pertiwi Daerah K melaksanakan kegiatan senam pagi dan dilanjutkan dengan kegiatan panen sayur bersama, bertempat di lapangan Taman Panglima di Makodam Jaya, Selasa (26/01/2021).

Pembuatan tanaman hidroponik ini merupakan salah satu kegiatan Persit KCK PD Jaya dalam bidang ketahanan pangan. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, budidaya tanaman ini lebih mengutamakan media air yang telah di campur dengan nutrisi. Dengan tehnik menanam tanaman hidroponik, tidak memerlukan lahan yang luas, dapat memanfaatkan lahan pekarangan atau halaman rumah yang relatif sempit khususnya yang tinggal di perkotaan.

Beraneka ragam manfaat dari tanaman Pakcoy diantaranya, Mencegah kanker, Menjaga kesehatan tulang, Menjaga tekanan darah, Menjaga kesehatan jantung, Mencegah peradangan dalam tubuh, Meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh, Menjaga kesehatan kulit dan Mencegah penyakit diabetes. Bila melihat manfaat dari tanaman pakcoy, sangatlah tepat kegiatan menanam pakcoy tersebut, karena salah satu manfaatnya adalah dengan mengkonsumsi sayuran pakcoy dapat “Meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh”.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Rahma Dudung Abdurachman menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan guna menambah perekonomian dalam rumah tangga. Dengan hasil panen sayuran ini, secara otomatis menghemat dapur rumah tangga. “Dari hasil yang dipanen ini sebagai contoh kepada seluruh Ibu-Ibu Persit dan berharap bisa juga mempengaruhi masyarakat lainya dalam hal budidaya tanaman sayur dalam hidroponik yang dapat bermanfaat menambah perekonomian keluarga”, terang Ketua Persit KCK PD Jaya.

Selesai kegiatan panen sayuran dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan ketrampilan membuat kantong serbaguna dikantor Persit KCK PD Jaya. Keterampilan ini bertujuan untuk mengurangi polusi yang ditimbulkan dari penggunaan kantong plastik yang berlebihan dan tidak dikelola dengan baik sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu keindahan dan menimbulkan berbagai penyakit akibat udara dan lingkungan yang tercemar. Mari mengelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai Indonesia bersih bebas sampah plastik.

Selama Kegiatan ini berlangsung tetap memperhatikan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Check Also

Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XVIII Jayakarta Sambangi Rumah Sakit Bhakti Mulia

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XVIII Jayakarta Ny. Atiek Eko …