Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Buka Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan Pemilu 2019

Pangdam Jaya Buka Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan Pemilu 2019

Kodam Jaya – Jakarta. Panglima Kodam (Pangdam) Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono secara resmi membuka Latihan Mako Pada Rangkaian Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Pengamanan Pemilu TA 2019, di Ruang Rapat Makodam Jaya, Jakarta, Senin (18/3).

Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari, dari 18 hingga 22 Maret 2019 dengan mengusung tema ‘Kodam Jaya Membantu Pemda Mengatasi Konflik Sosial di Provinsi DKI Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI’.

Dalam sambutannya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menyampaikan selamat datang kepada Dankodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono selaku Direktur Latihan (Dirlat) dalam latihan ini.

Menurut Mayjen TNI Eko Margiyono, dari Latihan Kesiapsiagaan Operasional ini diharapkan terwujud kesiapan tiap Prajurit Kodam Jaya untuk mengantisipasi perubahan situasi di wilayah. “Untuk mengantisipasi berbagai potensi konflik baik vertikal maupun horizontal, yang mungkin timbul sebagai dampak dari gesekan kepentingan di tengah masyarakat, maka dibutuhkan kesiapan dari Prajurit Kodam Jaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah khususnya di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi,” tegas Pangdam Jaya.

Untuk itu, Pangdam berharap, tugas yang menjadi tanggung jawab setiap Prajurit harus dapat dimengerti dengan jelas. “Saya berharap, Prajurit yang terlibat latihan ini, dapat mengetahui tugas dan tanggungjawabnya serta memahami cara bertindak terbaik sesuai dengan ploting yang tertuang dalam Rencana Operasi,” harap Mayjen TNI Eko Margiyono.

Pangdam juga berharap, agar semua yang terlibat dalam latihan ini terus meningkatkan koordinasi dan latihan di waktu yang tersisa. “Demi terciptanya koordinasi yang efektif dalam tugas perbantuan kepada Polri dan Pemda ini, saya tekankan agar semua unsur yang terlibat dapat memanfaatkan waktu untuk berlatih dengan penuh kesungguhan, sebagai wujud partisipasi aktif Kodam Jaya melaksanakan tugas perbantuan TNI kepada Polri dan Pemerintah Daerah pada pengamanan Pemilu nanti,” harapanya.

Sementara itu, Dankodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P, dalam pengarahannya mengatakan bahwa sasaran latihan ini adalah terwujudnya profesionalitas Prajurit dan satuan Kodam Jaya yang mampu mengantisipasi segala bentuk kontijensi di wilayah Kodam Jaya khususnya dalam menangani konflik sosial.

Menurutnya, Tahun 2019 merupakan tahun politik, dimana Indonesia melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan berupa pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif secara serentak di seluruh tanah air termasuk di wilayah Kodam Jaya. “Kita semua harus selalu waspada dengan terus menerus menjaga, meningkatkan kesiapsiagaan dan selalu bersinergi dengan institusi serta aparatur pemerintah terkait, agar wilayah Jakarta sebagai Barometer Nasional selalu dalam kondisi dan situasi yang kondusif,” jelas Mayjen TNI Benny.

Dankodiklat TNI juga menjelaskan bahwa untuk mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan, LKO ini diselenggarakan melalui dua tahap latihan. “Tahap pertama, Perencanaan Operasi dengan metode Geladi Mako dalam rangka menyempurnakan rencana operasi yang telah ada dihadapkan pada perkembangan lingkungan aktual. Untuk tahap kedua, Geladi Lapang sebagai metode untuk mengaplikasikan rencana operasi yang telah dibuat atau disempurnakan untuk kemudian dilaksanakan di lapangan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan terkait pertikaian yang terjadi dalam penanganan konflik sosial,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Dankodiklat TNI menekankan pentingnya koordinasi dan saling mengisi antar pihak terkait. “Manfaat latihan ini bukan hanya untuk TNI saja, melainkan dapat dirasakan oleh Pemerintah Daerah, Kepolisian RI dan seluruh komponen masyarakat terkait penanganan konflik sosial. Untuk itu, koordinasi, kerjasama dan saling mengisi antara penyelenggara dan pelaku, tentu sangat diharapkan demi keberhasilan pelaksanaan latihan ini,” tutup Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono.

Check Also

Pangdam Jaya Kunjungi Lahan Sawah Kodam Jaya Guna Sukseskan Swasembada Pangan

Kodam Jaya – Cibitung Kab. Bekasi. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. kunjungi …