Home / Berita Utama / Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Berikan Keterangan Pers

Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Berikan Keterangan Pers

Kodam Jaya-Cililitan, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, memberikan keterangan pers melalui video conference pada acara Live Exclusive Metro TV, bertempat di Command Center Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta timur, Sabtu (29/8/2020).

Dalam Keterangan Pers Pangdam Jaya menyampaikan bahwa setelah dilakukan pemeriksaan kelokasi Tempat kejadian perkara (TKP) di Polsek Ciracas bersama dengan Kapolda Metro Jaya pasca kejadian, ditemukan beberapa kendaraan dan grobak serta kantor Polsek Ciracas dirusak dan dibakar oleh sekelompok orang yang tidak dikenal.

Pemicu kejadian diduga akibat terprovokasi oleh inisial MI yg mengalami kecelakaan tunggal di Jl. lap Tembak Arundina namun MI memberitahu teman-teman seangkatannya, menyampaikan bahwa dirinya dikeroyok oleh sekelompok orang dan pengeroyok tersebut sudah diamankan oleh pihak Polsek Ciracas atau Polsek Pasar Rebo, karena mendapat informasi tersebut maka teman-teman dari saudara MI terprovokasi mendatangi Polsek Ciracas, pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 pukul 00.00 Wib, didepan Komplek Pertokoan Arundina Jl. Lap. Tembak Cibubur Kec. Ciracas Jaktim, diperkirakan massa tidak dikenal datang sebanyak kurang lebih 100 orang dengan maksud mencari seseorang yang mengeroyok inisial MI.

Setelah diberikan penjelasan oleh Kapolsek Ciracas dan Danramil, namun massa tidak percaya sehingga berbuat anarkis dengan melakukan tindakan pengrusakan kendaraan dan pembakaran kantor Polsek Ciracas.

Selanjutnya Pangdam Jaya menyampaikan sudah mendapatkan instruksi langsung dari Panglima TNI agar mengusut tuntas para pelaku yang melakukan pengrusakan dan pembakaran Polsek Ciracas, saat ini Kodam Jaya bersama Polda Metro Jaya terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap para pelaku dan motif pengrusakan serta pembakaran kantor Polsek Ciracas, semoga dari 6 (enam) orang saksi yang sekarang sudah dimintai keterangan termasuk saudara MI, segera para pelaku dapat diungkap, tegas Pangdam Jaya

Selanjutnya, Pangdam Jaya menghimbau kepada seluruh personel Kodam Jaya maupun prajurit TNI agar tidak cepat terprovokasi menerima informasi yang belum jelas kebenarannya, baik dari media sosial maupun informasi lainnya, kalau menerima informasi apapun sebelum bertindak selaku prajurit TNI seharusnya minta petunjuk dan arahan dari atasan atau pimpinannya, himbau Pangdam Jaya.

Dikesempatan yang sama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan, setelah melihat TKP pasca kejadian, tidak ditemukan adanya kaitan dengan peristiwa pada Tahun 2018 yang lalu.

Walaupun ada kejadian dini hari tadi pengrusakan dan pembakaran di kantor Polsek Ciracas oleh sekelompok orang yang tidak dikenal, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya tetap bersinergi dan solid dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan DKI Jakarta, ujarnya.

Saya selaku Kapolda Metro Jaya dengan jajaran dan Pangdam Jaya juga beserta jajarannya akan terus berkerja maksimal mengungkap para pelaku pengrusakan dan pembakaran Polsek Ciracas, semoga kejadian dini hari tadi tidak terulang kembali, serta mari kita ciptakan kondisi yang kondusif di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, pungkas Kapolda Metro Jaya.

Check Also

Baksos Pangdam Jaya di Komplek Perumahan Seroja Dalam Rangka HUT TNI Ke-75

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. laksanakan baksos …