Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Dan Kapolda Metro Jaya Meninjau 2 Kampung Tangguh

Pangdam Jaya Dan Kapolda Metro Jaya Meninjau 2 Kampung Tangguh

Kodam Jaya – Jakarta. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran meninjau langsung 2 Kampung Tangguh yang merupakan zona merah Covid-19 pada hari Selasa, (12/1/2021).

Kehadiran Pangdam bersama Kapolda Metro Jaya di Kampung Tangguh dalam rangka mengecek langsung wilayah yang merupakan zona merah Covid-19. Kujungan ke Kampung Tangguh pertama di wilayah Polsek Tambora bertempat di RW 6, RT 13 Tambora Jakarta Barat.

Dimana data Covid-19 di wilayah Kecamatan Tambora Jakarta Barat yang mencakup wilayah Kel. Tanah Sereal, Kel. Jembatan Lima, Kel. Tambora, Kel. Angke, Kel. Pekojan, Kel. Jembatan Besi, Kel. Duri Utara, Kel. Duri Selatan, Kel. Roa Malaka dan Kel. Krendang, yang mana tercatat sebagai pasien Covid-19 yang Positif Komunitatif sebanyak 288 orang, meninggal sebanyak 9 orang, yang sudah sembuh sebanyak 251 orang, sisa kasus aktif sebanyak 28 orang, Isolasi Mandiri sebanyak 15 orang, dirawat di Rumah Sakit sebanyak 7 orang, di Wisma Atlet sebanyak 6 orang dan untuk RW dengan positif tertinggi terdapat di RW 05 sebanyak 5 orang.

Rangkaian acara kegiatan Pangdam Jaya beserta Kapolda Metro Jaya mengunjungi Posko Kesehatan Posko Sosial Ekonomi Kampung Tangguh Jaya Tambora Jakbar, dalam sambutannya Kapolda Metro Jaya, menyampaikan kepada awak media bahwa Kampung Tanguh yang sudah didirikan sampai dengan hari ini berjumlah 203 dan ini akan terus bertambah prioritas pendirian Kampung Tangguh yang ada di RW Zona Merah, nanti kita akan evaluasi setiap 2 minggu sekali.

“Target kita bagaimana menciptakan kasus aktif di wilayah Kampung Tangguh setiap RW, mudah-mudahan jika ini berjalan efektif, maka kasus-kasus yang terjadi di Jakarta bisa kita turunkan”, kata Kapolda.

Tentunya pelaksanaannya di lapangan ada kolaborasi antara pemerintah daerah bersama ujung tombaknya adalah Bhabinkamtibmas dan Babinsa didukung oleh Dandim, Kapolres, Danramil serta Kapolsek, tambah Kapolda Metro Jaya.

Ditempat yang sama kepada awak media Pangdam Jaya menyampaikan, RW 03 Kel. Roa Malaka Kec. Tambora yang memang masuk zona merah, “Kami datang kesini bersama Kapolda untuk melihat sejauh mana keterlibatan dan pengaruh Babinsa dengan Bhabinkamtibmas terhadap masyarakat, karena TNI dan Polri harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat di sekelilingnya, kemudian Kampung Tangguh ini sendiri juga menggambarkan bagaimana penegakan protokol kesehatan”, ujar Pangdam Jaya.

Kemudian bagaimana terjadi kolaborasi antara pemerintah daerah, aparat keamanan baik TNI maupun Polri untuk menciptakan suasana gotong-royong sehingga timbullah kepedulian karena di sini juga dibentuk ada dapur umum, kemudian ada fasilitas-fasilitas lain yang memudahkan untuk masyarakat, yang salah satu contohnya masyarakat yang terpapar ekonominya akan terbantu dari masyarakat yang mampu atau masyarakat yang sehat secara swadaya untuk memberikan di post makanannya sehingga dari aparat ini sesuai dengan data yang diterima, selanjutnya diserahkan kepada masyarakat yang terdampak disini, ungakapnya.

Data masyarakat yang terpapar baik yang OTG maupun yang dirawat selalu dipantau oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa bagaimana perkembangannya, kemudian tidak itu saja, disini juga ada apotek hidup yang dimanfaatkan untuk meningkatkan imun, tadi ada campuran dari kunyit sereh jahe dan sebagainya, ini pun dibagikan kepada masyarakat agar tetap sehat, soalnya tadi ada disiapkan disini untuk masyarakat baik suntik vitamin kemudian antigen atau retreat, ini semuanya telah disiapkan, artinya pemerintah sudah betul-betul sangat perhatian terhadap masyarakat dan kami disini sebagai ujung tombaknya, ucap Pangdam Jaya.

Jadi Kapolda dengan Pangdam yang dibawahnya langsung Bhabinkamtibmas dengan Babinsa serta pemerintah daerah Camat dan Lurah, berkolaborasi sehingga masyarakat betul-betul terjaga tidak terkontaminasi dengan Covid19, sehingga seluruhnya diharapkan sehat, walaupun situasi seperti ini ekonomi tetap berjalan, pungkas Pangdam Jaya.

Selanjutnya Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya melanjutkan kegiatan menuju wilayah Kecamatan Penjaringan untuk melakukan peninjauan dan pengecekan langsung Kampung Tangguh kedua di Jl. Kura RW 012 Kel. Pejagalan Penjaringan Jakut sebagai zona merah Covid-19.

Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, “Hari ini merupakan kunjungan hari kedua ke Kampung Tangguh sebagai wilayah zona merah Covid-19”, kata Kapendam Jaya.

Hari Senin kemarin tanggal 11 Januari 2021, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya juga melaksanakan kunjungan ke Rumah Tangguh di wilayah Ciledug Tangerang dan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, beber Kapendam Jaya.

Check Also

Pangdam Jaya/Jayakarta meninjau langsung kegiatan Vaksinasi di Pondok Gede

Kodam Jaya – Pondok gede, Dalam rangka mempercepat penanggulangan Pandemi Covid-19, Kodam Jaya bersama Dinas …