Home / Berita Utama / Pangdam Jaya/Jayakarta Lepas Patroli Berskala Besar Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Pangdam Jaya/Jayakarta Lepas Patroli Berskala Besar Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Wujud sinegritas Kodam Jaya dengan Polda Metro Jaya maupun dengan unsur lainnya dalam mengamankan wilayah DKI Jakarta, menjelang malam Natal dan Tahun Baru, hal ini dibuktiikan oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Fadil Imran, dengan melepas patroli gabungan sekala besar, bertempat di Mapolda Metro Jaya Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).

Personel yang melaksanakan patroli gabungan sekala besar tersebut terdiri dari gabungan TNI-Polri jajaran Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya, Dinas perhubungan Pemda DKI serta Satpol PP DKI Jakarta, bertugas untuk melaksanakan pengamanan perayaan malam Natal, sehingga dapat memberi kenyamanan terhadap yang melaksanakan ibadah malam Natal dan Tahun Baru.

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menyampaikan, “Pada sore hari ini tanggal 24 Desember 2020 jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya/Jayakarta, Dinas perhubungan Pemda DKI serta Satpol PP DKI Jakarta, akan melaksanakan patroli bersama untuk menjaga keamanan, keselamatan dalam rangka hari Natal dan tahun baru. Patroli ini untuk memberikan kenyamanan kepada saudara-saudara kita yang merayakan, semoga apa yang akan kita lakukan bersama ini mendapatkan ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa”, tutup Pangdam Jaya.

Selanjutnya Kapolda Metro Jaya dalam sambutannya menyampaikan, “Patroli skala besar gabungan Kodam Jaya Jayakarta Polda Metro Jaya Satpol PP dan Dishub DKI Jakarta, melaksanakan patroli pengamanan perayaan kebaktian misa Natal malam ini. Kapolda juga mengatakan ada dua agenda patroli skala besar yang pertama dilaksanakan tingkat Mapolda. Kedua patroli skala besar di tingkat Polres, jadi masing-masing Kapolres dan Dandim beserta unsur Kotamadya juga melaksanakan patroli yang sama sore hari ini”, ujarnya.

“Selain itu juga kita laksanakan operasi kemanusiaan yang lain dalam bentuk penyemprotan disinfektan seluruh Gereja yang akan digunakan untuk misa atau kebaktian Natal”, pungkas Kapolda Metro Jaya.

Patroli skala besar ini diikuti sekitar 300 personel, masing-masing 100 personel dari Polda, 100 personel dari Kodam Jaya serta 100 personel dari pemerintah provinsi DKI Jakarta. Patroli Ini dengan harapandapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan misa Natal dan kebaktian.

Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin Budi Saputra dan Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusril menyampaikan, Operasi lilin Jaya tahun 2020 sifatnya plus, kenapa engga dikatakan plus karena sebelumnya operasi lilin itu memang pengamanan di Gereja serta jalur-jalur keluar masuk Jakarta dikarenakan situasi Covid-19. Ada 1635 Gereja di Jakarta, skala prioritas sekitar 136 Gereja, tetapi sudah aturan dari Kementerian agama, dari pemerintah Provinsi serta Gereja biasanya 2000 orang, karena situasi seperti ini menerima 200 orang, sisanya yang akan melakukan misa melalui virtual.

Lebih lanjut Kapendam dan Kabidhumas menuturkan, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya menyiapkan ada aturan untuk masuk Jakarta maupun keluar itu harus menggunakan swab rapid antigen. Baik itu melalui bandara, stasiun kereta, maupun di perjalanan, dilihat situasi awal sebelum operasi gelar pasukan banyak masyarakat sebelumnya kegiatan akan keluar daerah terhambat karena antrian untuk Swab Rapid Antigen, sehingga Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya melakukan operasi kemanusiaan, kita siapkan pelayanan operasi kemanusiaan dengan membuat tempat swab Rapid test antigen secara gratis. Seperti ditempat pelayanan publik, pintu tol bahkan dengan sistem Drivethru.

Selain itu petugas kesehatan yang resmi, baik dari Kodam Jaya, dari dokter Polda Metro Jaya kemudian dari Provinsi Jakarta, bahkan ada relawan dari klinik-klinik yang mau untuk membantu kita, karena memang tadi sudah dipertunjukan Kapolda Metro dan juga Pangdam Jaya saat meninjau di Stasiun Senen guna memantau pelaksanaan protokol kesehatan, Rapid test Swab Antigen serta hindari kerumunan bagi masyarakat.

Hadir pada pelepasan patroli kali ini, antara lain : Wakapolda Metro Jaya, Asintel Kasdam Jaya, Asops Kasdam Jaya, Aster Kasdam Jaya, Dandim 0501/JP BS, Kapolres Jakarta Pusat serta pejabat utama Polda Metro Jaya.

 

Check Also

Pangdam Jaya Mengecek Gor Ciracas dan Meninjau Langsung Vaksinasi Di Gor JIEP Pacuan Kuda Pulomas Pulogadung Jakarta Timur

Kodam Jaya – meninjau Gor Ciracas Jakarta Timur dan mengecek Vaksinasi di Gor JIEP Pacuan …