Home / Berita Utama / Pangdam Jaya/Jayakarta Pimpin Syukuran Pada Peringatan Hari Infanteri TNI AD ke-72

Pangdam Jaya/Jayakarta Pimpin Syukuran Pada Peringatan Hari Infanteri TNI AD ke-72

Kodam Jaya – Kalisari. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., meminpin secara langsung Syukuran pada peringatan Hari Infanteri TNI AD ke-72 tahun 2020 bersama prajurit Infanteri Jajaran Kodam Jaya. Bertempat di Aula Jayasakti Markas Birgif Makanis-1 PIK/JS, Jl. Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur, Sabtu (19/12/2020).

Pangdam Jaya dalam sambutannya menyampaikan, “Pagi hari ini kita masih diberikan kesehatan, kekuatan lahir maupun batin sehingga tepat pada hari ini kita melaksanakan syukuran Hari Infanteri yang ke-72 tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana”, ujarnya.

Lanjutnya, selaku Pangdam Jaya/Jayakarta dan pribadi mengucapkan, “Selamat HUT Infanteri ke-72 kepada segenap prajurit Infanteri yang saya banggakan, dimanapun bertugas dan berada, serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian keberhasilan selama ini”. ungkapnya.

“Sesuai tema, Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat, serta bersama komponen bangsa lainnya siap mendukung tugas pokok TNI AD, sebagai patarung yang handal dalam menjaga kadaulatan NKRI. Melalui tindakan nyata sesuai dengan tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing”, tutup Pangdam Jaya.

HUT Infanteri ke-72 kali ini dilakukan penanaman pohon, pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit terbaik Kodam Jaya, yaitu Pratu Abdul Tholib Juara 1 lomba BDM Piala Kasad, Pangdam Jaya juga menyampaikan tulisan kesan dan pesan bagi prajurit Infanteri, yang berisi tulisan : “jadilah prajurit yang pemberani, jagoan dan petarung”.

Tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II, tanggal 19 Desember 1949. Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat untuk menjalankan perintah siasat dengan melaksanakan perang rakyat semesta. Pasukan melakukan infiltrasi dengan cara long match untuk kembali ke wilayah masing-masing serta membentuk kekuatan dalam bentuk pertempuran gerilya.

Nilai heroisme jiwa pengabdian militansi yang tangguh serta terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI dan rela berkorban untuk bangsa dan negara, perwujudan nilai-nilai perjuangan perlu dilestarikan pada generasi penerus prajurit Infanteri.

Peringatan hari Infanteri kali ini tetap menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, tampak hadir pada giat tersebut Kasdam Jaya, Irdam Jaya, Kapoksahli, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para asisten Kasdam Jaya, para kepala dan Komandan satuan jajaran Kodam Jaya serta prajurit jajaran Brigif Mekanis 1 PIK/JS.

Check Also

Hari Ke-21 Serbuan Vaksinasi Kodam Jaya Mencapai 228.229 Warga Tervaksin

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Serbuan vaksinasi massal Covid-19 dosis pertama yang digelar oleh …