Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Kunjungi Pahlawan Covid-19 Di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta

Pangdam Jaya Kunjungi Pahlawan Covid-19 Di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta

Kodam Jaya – Kemayoran. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E. M.M., mengunjungi Pahlawan Covid-19 yang terdiri dari para relawan dan tim medis bertempat di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran-Jakarta Pusat, Jumat (4/12/2020).

Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad RSDC Wisma Atlet Kemayoran, kepada awak media menyampaikan, bahwa kunjungannya ke RSDC Wisma Atlet Kemayoran-Jakarta Pusat kali ini, dalam rangka melihat langsung kondisi para relawan dan petugas Medis sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pahlawan Covid-19 yang sudah memberikan pengabdian yang terbaik bagi kesehatan masyarakat dengan pengorbanan melebihi panggilan tugasnya, kata Pangdam Jaya.

Pangdam Jaya juga menjelaskan bahwa biaya yang dikeluarkan oleh Negara untuk penanganan Covid-19 ini sudah sangat banyak, hal itu menandakan adanya perhatian luar biasa yang dilakukan oleh pemerintah untuk keselamatan masyarakat terhadap Covid-19.

“Oleh karenanya pada kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan sekarang ada lagi 3 K (dilarang kerumunan, kemudian dilarang kontak, kemudian dilarang ke kamar yang ber AC dan sebagainya yang tertutup) karena ini sangat besar sekali berpengaruh terjadinya penularan Covid-19”, ujarnya.

Lebih jauh Pangdam menuturkan, “Saya berharap tidak ada lagi kerumunan-kerumunan masyarakat yang lebih dari 5 orang, itu pasien yang ada di Wisma Atlet adalah 85% penduduk DKI dan 15% nya dari penduduk dari luar DKI Jakarta”, harapnya.

“Melihat peningkatan pasien Covid-19 yang semakin meningkat saat ini, untuk itu kepada masyarakat jangan melanggar Protokol Kesehatan, TNI dan Kepolisian akan menindak tegas kepada para pelaku-pelaku yang membuat pelanggaran”, tegasnya.

“Tadi saya sampaikan baik kepada aparat keamanan baik TNI maupun Polri juga para relawan dan tim medis agar tetap semangat, sudah 9 bulan kita bekerja keras melakukan tugas-tugas yang sangat mulia untuk berkorban membantu sesama dengan resiko yang mereka hadapi sangat berat dan tadi saya sampaikan mereka adalah pahlawan-pahlawan Covid-19, yang mau berkorban”, tuturnya.

Sebelum ke RSDC Wisma Atlet-Kemayoran, telah dibentuk Tim Pemburu Covid-19 oleh Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Pemerintah Daerah termasuk dari Kejaksaan dan Pengadilan termasuk didalamnya Dinas Kesehatan, imbuhnya.

Kedepan dalam pelaksanaan Tim Pemburu Covid-19 dari hasil informasi-informasi dari satuan teritorial Kodam dan Polres, apabila ada terjadi pelanggaran-pelanggaran kesehatan, maka tim ini langsung akan menuju sasaran kemudian pelaku pelanggaran akan diperiksa dan langsung diadakan tes swab, sehingga langsung juga di situ ada tindakan-tindakan hukum terhadap siapa penyelenggaranya, siapa yang mengadakan dan sebagainya.

Hal itu harus dilakukan karena masyarakat sudah mulai mengabaikan Prokes Covid-19 oleh karena pemerintah juga sudah melihat kondisi saat ini dimana jumlah pasien Covid-19 di Jakarta saat ini cenderung meningkat.

Sebetulnya berbagai upaya sudah kita lakukan pada saat penegakan disiplin protokol kesehatan, ini sudah kita lakukan dengan tim gabungan dari Pol PP, TNI-Polri dengan memberikan himbauan kepada masyarakat, kemudian ada juga dilakukan operasi yustisi oleh karena saya sampaikan kasihan mereka para relawan itu sudah capek, berkorban meninggalkan keluarga dan sebagainya untuk keselamatan serta kesehatan masyarakat.

“Saya juga meminta masing-masing Kepala Daerah atau calon-calon walikota khususnya di wilayah Jakarta Depok dan Tangerang Selatan yang akan melaksanakan Pilkada serentak agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan Pilkada serentak dan apabila ditemukan kegiatan-kegiatan yang jelas melanggar Prokes Covid-19, nanti akan kita tindak tegas”, pungkas Pangdam Jaya.

Hadir dan turut mendampingi Pangdam Jaya saat melaksanakan kunjungan serta menyampaikan keterangan pers, diantaranya : Mayjen TNI Tugas Ratmono selaku Koordinator RSDC Wisma Atlet, Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustofa sebagai Wapangkogasgabpad RSDC Wisma Atlet, Kolonel Inf Yudhi Prasetyo Asops Kasdam Jaya, Kol Ckm dr. Abdul Alim Sp.PD Kakesdam Jaya dan Letkol Arh Herwin Budi Saputra Kapendam Jaya.

Check Also

Peringati HUT Dirajenad : Ajendam Jaya Gelar Acara Syukuran

Kodam Jaya – Cililitan. Hari Ulang Tahun ke-70 Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat tepatnya jatuh …