Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Melantik 107 Orang Berpangkat Prajurit Dua Lulusan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020

Pangdam Jaya Melantik 107 Orang Berpangkat Prajurit Dua Lulusan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020

Kodam Jaya – Condet Jakarta Timur. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman S.E.,M.M., sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020 lulusan Rindam Jaya dan sekaligus melantik 107 orang Prajurit dengan pangkat Prajurit Dua bertempat di Lapangan Wirayudha Rindam Jaya, Kamis (24/9/2020).

Setelah menyatakan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020 secara resmi ditutup, selanjutnya Pangdam Jaya menyematkan tanda pangkat Prajurit Dua dan menyerahkan sertifikat kelulusan kepada perwakilan prajurit siswa dan memimpin pengambilan sumpah terhadap 107 orang Prajurit Dua TNI AD sesuai Agama dan kepercayaannya masing-masing, kemudian Pangdam Jaya menyampaikan amanat.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya mengucapkan selamat kepada 107 prajurit siswa, berkenaan dengan keberhasilan dalam menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020, ucap Pangdam Jaya.

Lanjutnya, setelah mengikuti pendidikan selama 20 Minggu dan dilantik menjadi Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua, selanjutnya nanti kalian akan mengikuti Pendidikan Tahap II (dua) sesuai kecabangan masing-masing.

Untuk itu, kalian harus membina fisik secara teratur dan meningkatkan kegiatan belajar dan berlatih dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Janganlah kalian cepat berpuas diri serta berbangga hati, karena sesungguhnya pengetahuan yang kalian peroleh saat ini, hanya merupakan sebagian kecil dari luasnya pengetahuan keprajuritan yang harus kalian kuasai sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman, ujar Pangdam Jaya.

Pengetahuan dan keterampilan yang telah kalian peroleh hendaknya senantiasa terus dimantapkan dan dikembangkan, sehingga kalian akan menjadi prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas, sesuai dengan postur tampilan Prajurit yang diharapkan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat, harapnya.

Seiring dengan perkembangan tuntutan jaman, maka tugas dan peran yang diemban oleh TNI Angkatan Darat dimasa mendatang tidaklah semakin ringan, namun semakin kompleks dan penuh tantangan. Oleh karena itu setiap prajurit harus tetap memegang teguh identitas dan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara yang profesional dengan senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam 8 wajib TNI, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga.

Setiap Prajurit disamping harus selalu menegakkan disiplin, juga dituntut menghormati prinsip-prinsip demokrasi, menjunjung tinggi supremasi hukum dan Hak Asazi Manusia dalam berfikir, bersikap dan bertindak serta senantiasa menjauhi sifat sombong dan tinggi hati dalam setiap pelaksanaan tugas, sehingga dimanapun kalian berada akan selalu dicintai oleh rakyat, tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Pangdam Jaya juga menyampaikan beberapa penekanan yang perlu sebagai pegang teguh dalam mengawali tugas dan pengabdian sebagai Prajurit TNI AD, adapun penekanan yang disampaikan Pangdam Jaya sebagai berikut :

Pertama. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingan-Nya.

Kedua. Tegakkan disiplin dan norma keprajuritan dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Ketiga. Pelihara kesehatan dan kesegaran jasmani serta kebersamaan dan soliditas antar sesama rekan.

Keempat. Jadilah teladan dalam setiap sikap dan tindakan dimanapun kalian berada serta berusahalah menjadi bagian dari penyelesaian masalah bukan menjadi bagian dari masalah.

Kelima. Pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI yang telah kalian dapatkan selama mengikuti pendidikan, hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta segala hal yang dapat merusak citra TNI Angkatan Darat pada umumnya.

Di akhir amanatnya Pangdam Jaya menyampaikan, “Saya ucapkan terima kasih kepada Danrindam Jaya, para Gumil dan Pelatih serta Staf pendukung atas dedikasi dan kerja kerasnya”, sehingga pendidikan ini dapat terlaksana dengan baik dan aman sesuai yang diharapkan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melaksanakan tugas dan melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara, pungkasnya.

Menutup rangkaian upacara Pangdam Jaya menyerahkan piagam penghargaan kepada prajurit siswa yang meraih prestasi sebagai lulusan terbaik bidang umum saat mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2020 Angkatan Ke III an. Angga Yusuf Ardiansyah dengan Nomor Siswa 002 dan mengetes prajurit dua yang baru lulus tetang hafalan pengucapan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI sebagai pegangan setiap prajurit dalam bertugas.

Check Also

Baksos Pangdam Jaya di Komplek Perumahan Seroja Dalam Rangka HUT TNI Ke-75

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. laksanakan baksos …