Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Pimpin Acara Syukuran Hari Juang Kartika Dan Wisuda Purna Wira Pamen Kodam Jaya

Pangdam Jaya Pimpin Acara Syukuran Hari Juang Kartika Dan Wisuda Purna Wira Pamen Kodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin acara syukuran Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD dan Wisuda Purna Wira (WPW) Pamen Kodam Jaya, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan Jakarta Timur, Selasa (15/12/2020).

Hari ini 15 Desember 2020, Kodam Jaya melaksanakan acara syukuran Hari Juang Kartika TNI AD sekaligus Wisuda Purna Wira Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta. Kita ketahui tanggal 15 Desember 1945 silam, merupakan peristiwa bersejarah dimana kegigihan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) cikal bakal Prajurit TNI AD dan pejuang rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajahan, peristiwa ini selanjutnya diperingati sebagai Hari Juang Kartika. Manifestasi peringatan HJK adalah semangat kejuangan dan kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat.

“Saat ini fenomena bangsa Indonesia harus menghadapi beragam kehidupan yang tidak selaras dengan cita-cita luhur rakyat Indonesia, fenomena ini akan berkembang menjadi sebuah ancaman dan tantangan serius yang harus kita hadapi bersama. Ada ancaman terlihat dari kelompok tertentu berupaya memecah belah nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan ada juga ancaman yang tidak terlihat yakni dari serangan siber dan perang informasi sehingga merongrong kewibawaan pemerintah, mari kita merapatkan barisan dan memperkokoh persatuan bangsa”, ujar Pangdam Jaya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama Ibu Ketua Persit KCK PD Jaya Ny. Rahma Dudung Abdurachman menyerahkan plakat, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para Purnawirawan beserta istri. Wisuda Purna Wira diikuti sebanyak 38 Perwira Menengah Kodam Jaya/Jayakarta.

“Wisuda Purna Wira dilaksanakan dalam rangka mengantar para purnawiran memasuki kehidupan ke masyarakat. Karena Prajurit berasal dari rakyat, mengabdi kepada rakyat, setelah purna akan kembali kepada rakyat. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dari TNI AD kepada Perwira yang purna tugas untuk terus menjaga dan memelihara jalinan silaturahmi”, jelas Pangdam Jaya.

“Walaupun sudah tidak aktif lagi sebagai Prajurit TNI, namun hubungan antara Kodam Jaya dengan para purnawirawan agar selalu terjalin dan kita saling berkomunikasi. Saya berharap setelah para purnawirawan ini kembali ke masyarakat dapat segera beradaptasi dengan lingkungan dan tetap melaksanakan pengabdian kepada masyarakat”, pungkasnya.

Salah seorang wisuda Purna Wira, Kolonel Inf Charles Tanta S. Sip, menyampaikan sambutannya, ucapan terima kasih kepada Pangdam Jaya/Jayakarta beserta staf, bahwa ditengah kesibukan Kodam Jaya masih menyempatkan waktu untuk mengantar kami para purnawirawan. “Kesan kami acara ini membuat kami terharu dan bahagia kami akan selalu menjadi bagian dalam kemajuan TNI AD kedepan dan pesannya sebagai prajurit TNI yang berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI tetap menjunjung tinggi nama baik institusi TNI AD termasuk Kodam Jaya/Jayakarta”, pungkasnya.

Beberapa pejabat yang hadir dalam acara syukuran Hari Juang Kartika dan Wisuda Purna Wira Pamen Kodam Jaya/Jayakarta antara lain Kasdam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, Irdam Jaya Brigjen TNI M. Arifin, Kapoksahli Pangdam Jaya Brigjen TNI Wahyudin, Danrem 051/Wkt Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, S.E., M.Hum., Para Asisten Kasdam Jaya, Pa LO AU, Pa LO AL, dan para Dansat/Kabalakdam Jaya, memberikan ucapan selamat kepada para purnawirawan.

Check Also

Pangdam Jaya Pimpin Vidcon Bersama Pejabat Forkopimda Se-DKI Jakarta Dan Jajaran Kodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A., didampingi Kasdam …