Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Sholat Ied 1 Syawal 1442/H di Masjid Al Jihad Makodam Jaya
Pangdam Jaya Sholat Ied 1 Syawal 1442/H di Masjid Al Jihad Makodam Jaya, Kamis (13/05/2021).

Pangdam Jaya Sholat Ied 1 Syawal 1442/H di Masjid Al Jihad Makodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., beserta istri dan keluarganya melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442/H di Masjid Al Jihad Makodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (13/5/2021).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan sholat Idul Fitri kali ini, dimana Kodam Jaya biasanya menggelar kegiatan sholat Ied di lapangan terbuka untuk dapat menampung membludaknya kapasitas jamaah Prajurit dan PNS Kodam Jaya serta warga sekitar, tapi kegiatan sholat Ied di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan di Masjid Al Jihad dalam kapasitas yang terbatas.

Dalam pelaksanaan sholat Ied 1 Syawal 1442/H, para jamaah di himbau agar mematuhi aturan protkes senantiasa mendisiplinkan diri menggunakan masker dan menjaga jarak yang telah ditentukan, sehingga tidak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19.

Makna peringatan hari raya Idul Fitri bagi umat Islam merupakan hari kemenangan, setelah selama bulan suci Ramadhan melaksanakan ibadah puasa menahan hawa nafsu, meningkatkan kadar keimanan dan bertawakal kepada Allah SWT. Perayaan Idul Fitri tidak hanya sekedar hari raya yang secara sosiologis menjadi fenomena budaya, tetapi lebih merupakan harapan dan sekaligus optimisme melahirkan manusia yang kembali pada esensi dasar kemanusiaan yang mulia dan terhormat.

Sementara itu, dalam isi ceramahnya Khotib Letkol Inf Drs, Abdul Qohar, M.Si., menyampaikan, kembalinya kita kepada fitrah memungkinkan kita berada pada posisi yang sesuai dengan harapan, memiliki ciri yang tegas bahwa manusia dalam konsep dasar penciptaan memiliki kecenderungan terhadap kebaikan, kebenaran dan keindahan sekaligus menjadi pembela kebenaran.

Lebih jauh disampaikan, “Prajurit dan PNS Kodam Jaya agar menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kemuliaan dalam bertugas sehingga dicintai rakyat, sesungguhnya ruang ibadah meliputi segala bentuk pekerjaan dan ucapan seperti memupuk sikap disiplin, memelihara ketertiban menjaga kerapian adalah bagian ibadah kepada Allah SWT, tingkatkan keimanan dan ketakwaan serta tanamkan sikap akhlakul karimah yang mulia”, sambungnya.

Selain Pangdam Jaya beserta istri, beberapa pejabat Kodam Jaya yang mengikuti sholat Idul Fitri di Masjid Al Jihad diantaranya, Kasdam Jaya beserta istri, Irdam Jaya beserta istri, Kapok Sahli Pangdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, dan para Kabalakdam Jaya. Usai dilaksanakan kegiatan sholat idul Fitri 1442/H, terlihat tradisi halal bihalal yang tetap mematuhi protokol kesehatan tidak berjabat tangan satu sama lain hanya seraya mengucap minal Aidin Walfaidzin mohon maaf lahir dan Bathin dan dilanjutkan acara santapan hidangan khas hari raya Idul Fitri yaitu ketupat sayur dan opor ayam yang telah disediakan bagi para jamaah sholat Ied di lapangan tenis Jasdam Jaya sesuai dengan aturan protkes yang telah ditentukan.

Check Also

Kasdam Jaya Hadiri Konfrensi Pers Pengungkapan Peredaran Gelap Narkotika

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Kasdam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, menghadiri acara konfrensi …