Home / Berita Utama / Pangdam Jaya : Teladani Nilai-Nilai Perjuangan dan Militansi Panglima Besar Jenderal Sudirman

Pangdam Jaya : Teladani Nilai-Nilai Perjuangan dan Militansi Panglima Besar Jenderal Sudirman

Kodam Jaya – Tangerang. Panglima Kodam (Pangdam) Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto, memimpin upacara sekaligus secara simbolis memberangkatkan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Tahun 2018 di Lapangan Sewindu, Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning, Brigif Mekanis-1 Pengaman Ibukota/Jaya Sakti, Jatake, Tangerang, Minggu (16/12).

Tonting Yudha Wastu Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang dihelat dalam memperingati Hari Infanteri TNI AD yang jatuh pada 19 Desember 2018 mendatang. “Hakikatnya, Infanteri merupakan pasukan berjalan kaki yang dilengkapi dengan persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat. Infanteri berasal dari kata ‘infant’ yang berarti kaki, biasanya untuk menggambarkan para tentara muda yang berjalan kaki di sekeliling para Kesatria. Oleh karena itu seorang infanteri harus memiliki kemampuan beladiri, menembak, dan bertempur dalam segala medan dan cuaca,” ujar Pangdam Jaya dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pangdam Jaya mengatakan, pelaksanaan Peleton Beranting yang diadakan setiap tahun hendaknya, dapat dijadikan momentum untuk mewarisi nilai-nilai semangat perjuangan dan militansi Panglima Besar Jenderal Sudirman, yang memiliki sikap dan sifat keteladanan sebagai pemimpin yang rela berkorban, berjuang tanpa pamrih serta senantiasa dekat dengan rakyat. “Sebagai generasi penerus perjuangan yang tidak pernah merasakan secara langsung pahit getirnya perjuangan seperti yang dialami oleh para pendahulu, maka melalui kegiatan ini, hendaknya digunakan untuk lebih menghayati makna perjuangan tersebut guna dijadikan sebagai tradisi bagi Prajurit Infanteri sebagai pasukan jalan kaki,” pesan Pangdam.

Untuk diketahui, dalam Peleton Beranting kali ini, para prajurit Infanteri Kodam Jaya harus menempuh jarak 200 Kilometer yang terbagi dalam 10 etape selama tiga hari, tanpa mengenal batas waktu siang maupun malam. Dengan titik start di Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning, Brigif Mekanis-1 Pengaman Ibukota/Jaya Sakti, Jatake, Tangerang, rute berlanjut ke wilayah Tangerang, Kota Depok dan berakhir di markas Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur pada 19 Desember 2018 mendatang.

Hadir pada acara pelepasan Peleton Pertama, Yudha Wastu Pramuka Jaya para pejabat teras Kodam Jaya/Jayakarta antara lain, Danrindam, para Perwira Ahli Pangdam, para Asiten Kasdam Jaya/Jayakarta, para Kabalakdam Jaya/Jayakarta, para perwira Staf lainnya dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tangerang.

Check Also

Pangdam Jaya Bersama Rombongan Berkunjung Ke PT. Kawan Lama Sejahtera

Kodam Jaya – Kembangan Jakarta Barat. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama …