Home / Berita Satuan / Peduli Kematian Akibat PTM, Babinsa Tigaraksa Sadarkan Warga Hidup Sehat

Peduli Kematian Akibat PTM, Babinsa Tigaraksa Sadarkan Warga Hidup Sehat

Kodam Jaya – Tigaraksa. Guna mencegah meningkatnya angka kematian akibat PTM (Penyakit Tidak Menular), Babinsa dan Camat Tigaraksa hadirkan tim sosialisasi Kesehatan Kab. Tangerang. Sosialisasi PTM berlangsung di Aula Puskesmas Jl. Kongsi Kel/Kec. Tigaraksa,  Kabupaten Tangerang. Kamis (29/03/18).

Camat Tigaraksa Yayat Rohiman dalam sambutannya menghimbau warga untuk mencegah timbulnya PTM dan penyakit menular. “Kita tidak mengetahui resiko penyakit yang akan datang, karena semua bisa datang kapan dan dimana saja dalam kehidupan kita sehari-hari, baik di rumah maupun di tempat umum. Untuk itu sekarang mari kita jaga kesehatan diri kita, kesehatan keluarga dan masyarakat Tigaraksa,” kata Yayat.

Sementara Babinsa Koramil 06/Tigaraksa Kodim 0510/Tigaraksa Pelda Rusdi Gunawan dalam kesempatan yang sama juga mengajak warga untuk mencegah timbulnya PTM dengan cara rajin mengecek kesehatan, menjauhi asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, cukup istirahat hingga mengelola stres. “Paling tidak dengan melakukan itu maka segala penyakit bisa dicegah dari sekarang,” kata Babinsa.

Sementara, Muhammad Muhtar, salah seorang Tim Sosialisasi dari Kesehatan Kab. Tangerang menjelaskan bahwa kematian akibat PTM semakin meningkat dan terus akan meningkat akibat pola hidup tidak sehat. “Masalahannya bukan hanya gizi buruk dan balita pendek/kurus saja, tetapi kelebihan gizi seperti kegemukan dan obisitas pada anak, remaja dan dewasa juga menjadi  penyebab tingginya kematian. Dari sekarang harus kita perhatikan,” jelasnya.

Menurut Muhtar, Indonesia termasuk 17 negara dengan masalah gizi yang dirinci 37,2% (8,92) juta balita pendek, 12,1% balita kurus, 11,9%  kegemukan pada bailta dan 28,9% kegemukan pada usia 18 th keatas.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tangerang Muhammad Bahtir, Kepala Puskesmas dokter Eko, perwakilan dari kader-kader dan seluruh Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Tigaraksa.

Check Also

Koramil 07/Pondok Aren Gelar Operasi Yustisi di Jurang Mangu

Kodam Jaya – Tigaraksa. Upaya dalam memutus penyebaran virus Covid-19, Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr …