Home / Berita Utama / Pelaksanaan PSBB Menuju New Normal, Beraktivitas Keseharian Dengan Disipilin Menjalankan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan PSBB Menuju New Normal, Beraktivitas Keseharian Dengan Disipilin Menjalankan Protokol Kesehatan

Kodam Jaya-Cililitan. Karumkit Tk.IV Cijantung Mayor Ckm (K) dr. Nanik Prasetyoningsih, M.H,SpPK, MARS saat menjadi narasumber pada acara Pembinaan Keluarga Besar TNI (KBT) Tingkat Kodam Jaya/Jayakarta TA 2020 dengan tema “Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) Di Era Kekinian” bertempat di Aula Sudirman, Makodam Jaya, Cililitan-Jaktim, Kamis (18/6/2020).

dr. Nanik menyampaikan Covid-19 merupakan penyakit karena virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus Covid 19 sudah ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi global yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, pneumonia bahkan kematian..

Dijelaskan juga sebelum virus covid 19 penyebarannya ke seluruh dunia, dimana penduduk dunia sebelumnya pernah terjadi penyakit sejenis yaitu Flu Spanyol, kemudian Flu Asia (Mers), Flu Rusia, Flu Burung (H1N1) yang menyebabkan banyak korbannya, jelasnya.

Dengan menyebarnya virus covid-19 sampai ke Indonesia, pemerintah telah menetapkannya sebagai bencana nasional non alam. Penyakit ini awalnya muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 dan dalam dua bulan saja sudah menginfeksi ke 117 negara. Gejala penyakit ini hampir sama seperti sakit flu pada umumnya dengan tanda-tanda panas, demam, batuk, pilek, nyeri otot,nyeri dada, sesak nafas, tambahnya.

Walaupun telah menjalar ke berbagai negara, namun persentase angka kematiannya tergolong rendah. Virus Covid 19 ini umumnya menyerang orang yang daya tahan tubuhnya rendah seperti orang tua, Balita, Ibu Hamil dan orang yang menderita penyakit menahun atau komorbid, katanya.

“Untuk mengurangi penyebarannya beberapa cara dapat ditempuh antara lain menghindari kontak dengan penderita covid 19, gunakan masker, tidak bepergian ke tempat-tempat umum, dan menerapkan pola hidup bersih sehat (hand higiene atau cuci tangan salah satunya). Sedangkan untuk pencegahannya dengan cara menggunakan masker, jaga jarak, minum vitamin dan makanan bergizi, hindari kontak dengan anggota yang terkena virus, jangan bepergian ke tempat ramai, bepergian sesuai keperluan dan pola hidup bersih sehat tetap dilakukan,” tegasnya.

Karumkit juga Menyatakan Pelaksanaan PSBB menuju New Normal tidaklah cukup apabila tidak ada Kesadaran dari Individu masing-masing untuk mematuhi dan melaksanakan Protokol Kesehatan. Penggunaan Masker serta Hand Sanitizer adalah cara yg efektif akan tetapi ditambah dengan seringnya cuci tangan dan kegiatan positif yang menunjang sistem imun kita, berolahraga sebagai kekebalan untuk melawan virus tersebut.

Seperti yang di Tekankan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tentang  Prosedur Standar Tatanan Baru. Beraktivitas Keseharian dengan disipilin menjalankan protokol kesehatan yaitu: jaga jarak aman fisik 1-2 meter, disiplin gunakan masker, mengukur suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan/hand sanitazer di ruang publik, membatasi hingga separuh pengunjung di fasilitas umum, pungkasnya. Peserta KBT yang mengikuti acara pembinaan KBT Tingkat Kodam Jaya/Jayakarta TA 2020 terdiri dari Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (Hipakad), Forum Komunikasi Putra Putri Indonesia (FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM).

Check Also

Tersenyum Dan Mendukung Penuh Tugas Suami

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Ketua Persit KCK PD Jaya Ibu Atiek Eko Margiyono …