Home / Berita Satuan / Pemantauan Terhadap WNA Diperluas, TNI Siap Mendukung

Pemantauan Terhadap WNA Diperluas, TNI Siap Mendukung

DEPOK – Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Depok Dadan Gunawan menjelaskan, pemantauan keberadaan Warga Negara Asing (WNA) yang bermukim diwilayah kota Depok, akan diperluas pemantauannya hingga ketingkat bawah.

“Untuk pemantauan WNA, kami akan lakukan sampai tingkat kelurahan. Untuk itu perlu terjalin komunikasi yang baik dengan beberapa instansi di wilayah,” kata Dadan, saat konferensi pers pada rangkaian Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Tahun 2018, Jumat, (26/1) di komplek perkantoran Pemkot Depok, Grand Depok City.

Menurutnya, kedepan, Timpora imigrasi Depok akan melakukan sinergitas secara meluas bersama aparat kewilyahan dalam melakukan pemantauan WNA di wilayah yuridis kantor tersebut.

“Selama ini pemantauan dan pengawasan terhadap WNA yang melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas di Kota Depok, terakomodir baru di Timpora tingkat kecamatan,” ujar Dadan.

Dadan menyebutkan, peran Babinsa dan Babinkamtibmas pada Timpora, implementasinya akan disesuaikan kewenangan sebagai aparat ditingkat kelurahan, yang penekanannya untuk target Tahun 2018.

“Dalam lingkup kelurahan dimaksud, kami akan melibatkan RW yang menjadi tempat konsentrasi Orang Asing (OA). Akan kita petakan, kelurahan mana saja yang menjadi konsentrasi OA, sehingga yang sebelumnya targetnya sampai kelurahan namun kali ini kami akan melibatkan struktur yang mendekati ke masyarakatnya yaitu RW,” pungkas pria jebolan PTK 21 ini.

Menanggapi akan dilibatkannya Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam pemantauan WNA di kota Depok, Dandim 0508/Dpk Letkol Inf Iskandarmanto menyatakan dukungannya.

“Kalau memang wacana itu berjalan, kami, Kodim Kota Depok akan mendukung wacana tersebut,” kata Dandim.

Dijelaskannya, Kodim Depok sejak lama, selalu mendukung giat giat yang memang membutuhkan personil TNI.

“Sinergitas Kodim dan Polresta Depok bersama imigrasi, sudah lama terjalin. Kalau wacananya ingin memperluas sinergitas seperti itu, demi keamanan dan kenyamanan warga Depok, kenapa tidak..? saya pastikan TNI-Polri, selalu siap mendukung wacana tersebut, guna keamanan dan kenyamanan warga Depok,” pungkas Dandim, di Makodim 0508/Dpk.

Check Also

Kolaborasi Dengan Satpol PP Kodim 0502/JU Gelar Woro-woro Dan Bagikan Masker Kepada Warga

Kodam Jaya – Jakarta utara. PSBB ketat yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta sudah memasuki hari …