Home / Berita Satuan / Penertiban Lapak Aduan Burung Merpati Oleh Anggota Koramil 702/Pondok Gede

Penertiban Lapak Aduan Burung Merpati Oleh Anggota Koramil 702/Pondok Gede

Kodam Jaya-Bekasi. Kepedulian Personil Koramil-702/Pondok Gede guna pencegahan, penyebaran serta penularan Virus Corona melalui penerapan pemahaman Social dan Physikal Distancing kepada masyarakat diwilayah binaannya terus dilakukan. Hal ini dilaksanakan melalui tahapan yang dimulai dari kegiatan sosialisasi kepada perangkat di wilayah, pemberian himbauan kepada masyarakat melalui sarana yang ada, sampai dengan pelaksanaan tindakan yang dilakukan secara terukur dan humanis.

Dalam kegiatannya personil Koramil telah melakukan himbauan dan dengan terpaksa melakukan tindakan berupa penertiban serta penutupan tempat-tempat yang disinyalir dapat membuat berkumpulnya masa dimana salah satunya adalah arena tempat aduan Balap Burung Merpati yang terletak di tanah lapang belakang Komplek Perumahan Umum Betawi Permai RT. 02/14 Kel. Jati Rangga Kecamatan Jati Sampurna Kota Bekasi, Sabtu (28/32020).

Kegiatan Lomba Balap Burung Merpati yang tidak mempunyai ijin dari lingkungan serta aparatur terkait lainnya dan sudah berjalan hampir satu tahun ini berada diatas lahan fasilitas umum, dengan terpaksa ditertibkan oleh personil Koramil dengan dibantu oleh perangkat wilayah serta tokoh masyarakat setempat.

Hal tersebut dilakukan, karena kegiatannya dianggap dapat membuat resah warga masyarakat sekitar ditengah-tengah sedang mewabahnya Covid-19 atau yang lebih dikenal sebagai Virus Corona, ditambah lagi kemungkinan tindakan pelanggaran hukum lainnya, seperti perjudian, pencurian serta lain-lainnya.

Kejadian itu bermula berawal dari Babinsa Kelurahan Jati Rangga Serda Sutarman mendapatkan telepon dari warganya (tidak disebutkan namanya) dengan dilengkapi foto dokumen kegiatan yang berisi, bahwa di TKP orang-orang sudah mulai berkumpul untuk bermain balapan burung, kepada Babinsa tolong agar ditertibkan, kami warga resah ditengah-tengah wabah Corona tidak seharusnya mereka berkumpul-kumpul karena itu dapat dengan mudah menular kepada siapapun, kami juga melihat bahwa lomba tersebut suka dijadikan ajang judi.

Mendapat laporan tersebut, Babinsa segera melaporkannya kepada Wadanramil Kapten Arm Catur Anang Wibowo dimana Wadanramil adalah sebagai yang tertua pada pelaksanaan Karya Bakti penyemprotan Cairan Disinfektan diwilayah Kelurahan Jati Raden Kecamatan Jati Sampurna, untuk kemudian memberi perintah kepada Babinsa serta personilnya agar segera berangkat ke TKP dan menghentikan segala bentuk kegiatan disana sambil memberikan himbauan kepada orang-orang agar segera kembali kerumahnya masing-masing untuk mencegah penularan Virus Corona dan jika memang ada bukti perjudian, agar para pelaku segera diamankan serta kita serahkan ke pihak kepolisian.

Sesampainya di TKP, melihat kedatangan personil Koramil, masa yang berkumpul dengan jumlah sekitar 20 orangan segera melarikan diri dan meninggalkan barang bukti berupa kurungan burung Merpati.

Tidak berapa lama, ketua RT yang didampingi oleh tokoh masyarakat lingkungan mendatangi personil Koramil, dan memberi tau bahwa inisial (F) adalah sebagai orang yang bertugas untuk menjaga serta merawat lapak aduan burung tersebut dan kemudian Babinsa memerintahkan kepada ketua RT utk segera memanggilnya.

Setelah dipanggil dan diberi himbauan, inisial (F) tidak merespon dan tidak mengakui jika baru saja lapak tersebut digunakan untuk menjadi tempat berkumpulnya orang-orang. Karena tidak ingin terlibat perdebatan yang panjang, maka tokoh masyarakat dan ketua RT setempat meminta kepada Babinsanya untuk merobohkan tiang-tiang gawang lapak tersebut serta memusnahkan barang-barang yang ditinggalkan oleh para pelakunya yang disetujui oleh inisial (F) sebagai pengurus lapak tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan penertiban tersebut Babinsa Kelurahan Jati Rangga Serda Sutarman beserta personil Koramil 702/Pd. Gede Kodim 0507/BKS, Ketua RT. 02/14 Kelurahan Jati Rangga Gunawan, Tokoh Masyarakat Lingkungan Bapak Timin, inisial (F) sebagai Pengurus Lapak.

Check Also

Babinsa Koramil 03/Senen Lakukan PDMPK Di PASAR Kwitang

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Babinsa kelurahan Kwitang Koramil 03/Senen Pelda Agus melaksanakan Penegakan Disiplin …