Home / Berita Satuan / Peran Nyata Ahli Gizi Dalam Operasional RSDC Wisma Altet Kemayoran Jakarta

Peran Nyata Ahli Gizi Dalam Operasional RSDC Wisma Altet Kemayoran Jakarta

RSDC Wisma Atlet – Kemayoran Jakarta. Keberhasilan Operasional RSDC Wisma Atlet, merupakan kolaborasi serta sinergi dari beberapa unsur terkait diadalamnya, termasuk diantaranya konstribusi atau peran nyata ahli gizi yang berhubungan dengan penyiapan, pengolahan, dan penyajian makanan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Proses penyiapan makananan di RSDC Wisma Atlet saat ini sudah berjalan dengan baik dan memenuhi standar yang ditetapkan. Semua tahapan mulai dari bahan baku (purchasing), penyiapan (preparation), penyimpanan (storage), pengolahan (cooking), dan packing serta distribution sudah memenuhi standar higiene/sanitasi, standar cara pengolahan makanan yang baik (CPMB) dan standar mutu/keamanan makanan yang ditangani oleh Ahli Gizi (Nutrisionis/Dietisien) secara professional, hal ini diungkapkan oleh Letkol Kes Tri Harsono, S.Gz., M.Gz., RD selaku Koordinator pelayanan Gizi RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

Mutu makanan yang disajikan kepada pasien dan nakes diharapkan memenuhi aspek kecukupan nilai gizi baik makronutrien maupun mikronutrien, memenuhi aspek keamanan pangan dan memenuhi selera konsumen sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan status gizi maupun daya tahan tubuh.

Adapun sasaran penyiapan makanan ditujukan untuk nakes, non nakes dan pasien dengan volume/kapasitas perhari saat ini hampir mencapai 12.000 pack dan belum termasuk snak maupun jenis makanan lain. Rata-rata jumlah order perhari untuk nakes dan non nakes sebanyak 7.000 an pack, sedangkan pasien sebanyak 4000 an pack terdiri dari 30% nya atau 1300 pack merupakan pasien yang mendapatkan diet khusus.

Berbicara tentang pengolahan Gizi, lebih jauh Letkol Tri Harsono menjelaskan, “Unsur-unsur yang bertugas dalam pelayanan gizi, yang terdiri dari Ahli Gizi (Nutrisionis/Dietisien), chef, cook, dan tenaga servis serta volunteer. Ahli Gizi berperan sebagai tenga inti yang ditempatkan dibagian produksi (kitchen)bersama chef dan cook maupun bagian pemorsian bersama tenaga servis, sedangkan Ahli Gizi yang lain sebagai pelaksana Quality Control (QC)dan petugas Asuhan Gizi ditower 5 dan 6 (RED ZONE) yang bertanggungjawab menghitung kebutuhan gizi dan memberikan perkripsi terapi gizi kepada pasien berkolaborasi dengan medis maupun perawat” , jelasnya.

Selanjutnya mekanisme protokol kesehatan yang dijalankan yaitu semua tenaga yang terlibat langsung dalam pengelolaan makanan harus memenuhi syarat kesehatan seperti bebas penyakit TBC, Hepatitis, dan menyakit menular lainnya. Selain itu dalam proses pekerjaan sehari-hari juga menggunakan kelengkapan APD seperti masker, sarung tangan, celemek, tutup kepala, dan sepatu kerja, disamping itu juga merapkan kebersihan diri saat bekerja dengan memotong kuku, tidak merokok, tidak menggunakan perhiasan atau semacamnya, tidak menyentuh makanan secara langsung dengan tangan dan wajib mencuci tangan serta menerapkan sosial distancing, ujarnya.

Kesan-kesan selama menjadi koordinator pelayanan gizi, Letkol Tri Harsono mengungkapkan bahwa banyak tantangan baru, berawal dari mengelola dan membimbing relawan gizi dari berbagai sumber dengan karakter beragam, bagaimana saya harus mendorong untuk mengaplikasikan peran Ahli gizi secara nyata di Wisma Altet, bahkan secara nasional untuk memperkenalkan Ahli Gizi maupun eksistensinya kepada masyarakat maupun profesi lain.

Terakhir Letkol Tri Harsono, menghimbau dan berharap kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan savety dengan melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan beragam, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta olahraga teratur agar memperoleh status gizi dan imuntas yang baik serta tidak lupa berserah diri pada-Nya, pungkasnya.

Check Also

Dandim 0506/Tgr Hadiri Peresmian Gedung Dan Asrama Putri Ponpes Darul Quran

Kodam Jaya – Tangerang. Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono menghadiri peresmian Gedung Kelas …