Home / Bersama Melawan Covid 19 / Peran TNI Membantu Pemerintah Menangani Covid-19 Melalui RSDC Wisma Atlet

Peran TNI Membantu Pemerintah Menangani Covid-19 Melalui RSDC Wisma Atlet

RSDC Wisma Atlet – Kemayoran Jakarta. Komunikasi sosial TNI dengan aparat pemerintah merupakan silaturahmi untuk lebih memacu lagi pada kegiatan dilapangan, terutama saat ini dalam menangani Covid-19. Hal ini selaras dengan pelaksanaan Program kerja Ster TNI TA 2020 diantaranya Komsos TNI dengan aparat pemerintah yang dilaksanakan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Rabu(4/11/2020).

Waaster Panglima TNI Brigjen TNI Purnomo seusai pelaksanaan webinar, dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa komunikasi sosial TNI, Polri dan Pemerintah Daerah sudah berjalan, bersatu padu dalam menangani Covid-19, khususnya pendisiplinan masyarakat dilapangan, kegiatan komunikasi sosial ini merupakan silaturahmi untuk lebih memacu lagi pada kegiatan dilapangan.

Lebih jauh Waaster menjelaskan, “Adapun Webinar tadi merupakan sharing pengalaman dalam hal penanganan Covid-19 karena penanganan Covid-19 di daerah berbeda beda, tentunya dalam pendisiplinan menganut adat budaya, banyak yang dilaksanakan di daerah dengan penuh kreativitas, sebagai upaya untuk menekan dan memutus mata rantai penularan Covid-19” , ujarnya.

“Jadi selama ini TNI sesuai ketentuan undang-undang, kita TNI dalam penanganan Covid-19, sinegritas sudah kita laksanakan seperti halnya di Wisma Atlet, kita membantu penaganan Covid-19, sudah berjalan mulai tingkat Desa sampai tingkat Pusat, apa yang dilaksanakan oleh pemerintah TNI mendukung”, pungkasnya.

Selanjutnya Kabid pencegahan Dinkes DKI Jakarta dr. Dwi Oktavia TLH, M.Efrid, menyampaikan, “Saya sangat bersyukur sekali bahwa khususnya di DKI Jakarta forum koordinanasi forkopinda, komunikasi antara pimpinan TNI, Polri dan Pemda sudah bersinergi sehingga penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan cepat, sinyal bahwa pengedalian Covid-19 lebih baik”, tuturnya. Lanjutnya “Terbukti adanya penurunan kasus aktif dalam beberapa minggu ini, walaupun demikian kita tidak boleh lengah, karena virus nya sendiri tidak merasa cape, seiring dengan itu kita akan berusaha memutus penularan Covid-19 kita utamakan serta berupaya merubah prilaku masyarakat kearah lebih baik”, ungkapnya.

Kasatpol PP DKI Jakarta Bpk Arifin menyampaikan, “Bahwa transisi PSPB, bagaimana disiplin kepatuhan masyarakat terhadap mematuhi protokol kesehatan semakin baik, pendisiplinan tidak harus senantiasa memberikan tindakan, tetapi edukasi lebih dikedepankan, disiplin menggunakan masker menjadi keharusan, kita kurang nyaman ketika kita berada dikerumunan, merasa kurang nyaman apabila kita kurang bersih, ini menjadi edukasi kepada masyarakat untuk menjadi budaya yang lebih baik”, ujarnya.

“Jumlah pasien Covid-19 yang masuk ke RSDC Wisma Atlet, hari ini 4 November ada penurunan, adapun pengaruh dari liburan akan kita lihat dua minggu kedepan, karena insiden virus itu 14 hari atau 2 minggu, namaun jika terjadi lonjakan, antisipasi kita sudah siap, baik SDM nakes maupun persedian lainnya sudah siap” ,ujar Kol CKM dr. Stefanus Donny selaku Koordinator Operasional RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Kasdam Jaya Brigjen TNI M Saleh Mustafa, selaku Wapang Kogasgabpad RSDC Wisma Atlet, pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa sejak tanggal 23 Maret 2020, sejak diresmikannya RSDC Wisma Atlet oleh Bpk Presden, kita termasuk salah satu Rumah Sakit Covid terbesar di Asia Tenggara, karena dengan kapasitas penampungan lebih dari 10 ribu bad.

lebih lanjut Kasdam menjelaskan, “Bahwa RSDC Wisma Atlet akan menjadi model pembentukan Rumah Sakit Indrapuri di Surabaya, sesuai petunjuk Kasatgas Letjen TNI Dony Monardo, bahwa pola-pola penanganan RSDC Wisma Atlet akan diterapkan di 9 Propinsi, yang dilakukan tidak hanya tretmen saja, tetapi menyangkut kepada perubahan prilaku dengan adanya padat karya yang saat ini sudah dilakukan di jajaran wilayah teritorial Kodam Jaya” , pungkasnya.

Check Also

Wapanggasgabpad Menyambut Ketua BNPB Tinjau Kesiapan Tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet

RSD Wisma Atlet – Kemayoran Jakarta pusat. Wakil Panglima Gugus Tugas Gabungan Terpadu (Wapanggasgabpad), Brigjen …