Home / Berita Utama / Pererat Interaksi, Pangdam Jaya Bincang-Bincang Dengan Staf Dan Wakil Pimred TV ONE

Pererat Interaksi, Pangdam Jaya Bincang-Bincang Dengan Staf Dan Wakil Pimred TV ONE

Kodam Jaya – Jakarta. Wakil Pemimpin Redaksi TV One, Bpk Totok Suryanto memperkenalkan satu persatu Staf TV One setibanya Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto yang didampingi Kasdam Jaya, Danrem 051/WKT, para Asisten Kasdam Jaya, Kapendam Jaya dan Komandan Kodim 0505/JT di studio TV One Jl. Rawa Terate 2 No. 2 Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur, Selasa, (8/05)

Dalam silaturahmi tersebut, Pangdam Jaya mengakui pertemuan sengaja dilakukan bertujuan guna mendapatkan masukan-masukan terkait langkah-langkah Kodam Jaya bersama para Insan Media untuk saling bersinergi menjamin ketenteraman dan kesejukan Jakarta, terlebih jelang dua perhelatan akbar yang akan diselenggarakan, sehingga bila ada hal-hal yang harus ditingkatkan, dapat sesegera mungkin dikomunikasikan.

Terkait Pilkada, Pangdam berpendapat bahwa ritual 5 Tahunan bangsa Indonesia ini sudah dirancang oleh para pendahulu sebelumnya, di dalamnya pasti ada ‘hiruk-pikuk’ jelang kampanye maupun selama pelaksanaannya, dan pada Tahun Politik 2019 nanti, pemilihan Parlemen dilaksanakan berbarengan dengan Pilpres, sehingga sangat menguras energi dari segenap instansi keamanan dan elemen terkait.

Mengenai Netralitas TNI, Mayjen TNI Joni Supriyanto menjamin bahwa perintah Panglima TNI sudah jelas, harus Netral dan diberlakukan tegak lurus. Pangdam juga mengingatkan bila di lapangan ada Babinsa melengkapi data kependudukan, itu sudah menjadi tupoksinya membantu Pemda karena Babinsa, merupakan bagian dan unsur Tri Pilar di wilayah masing-masing. Sama sekali tidak bertujuan mengintervensi ataupun berniat menciderai Netralitas. Pangdam berkeinginan agar insan pers turut membantu meringankan pekerjaan melalui tayangan-tayangan yang lebih edukatif serta menghindari isu-isu terkait SARA, dengan tidak mengeyampingkan kebenaran dari berita atau informasi itu sendiri. “Kami ingin suasana sejuk dan nyaman seperti sekarang bisa tetap terjaga”, harap Pangdam.

Menanggapi harapan-harapan tadi, Totok menyatakan pemahaman yang sama, pihak TV One pasti akan berkontribusi lebih positif. Dia juga membeberkan rancangan program acara terbaru TV One menyambut bulan suci lewat episode Patroli Ramadhan, dan Kodam Jaya siap mendukung. Bahkan Pangdam meminta dukungan publikasi terkait upaya Kodam Jaya yang tengah berbenah dalam menghadapi even besar lainnya. TNI bersama Polri juga sudah merapatkan barisan guna kesiapan dan memperkuat daya antisipasi dari setiap hal yang tidak diinginkan, terutama hal kelancaran dan pengamanan kedua hajatan besar tersebut.

“Kita ketahui bahwa rakyat Indonesia sudah pandai memilah, tahu mana yang harus dilakukan¬† sehingga tetap akan mendukung siapapun yang nantinya menjadi Pemenang. Namun, yang menjadi atensi serius adalah hadirnya sekumpulan warga yang kurang puas dan ramai-ramai mempersoalkan hasil Pemilu baik melalui media ataupun turun ke jalan dengan tujuan memperkeruh suasana. Hal ini yang harus kita cegah sejak awal, agar proses demokrasi dapat berjalan sebagaimana mestinya”, terang Pangdam.

Pangdam juga menambahkan, untuk Asian Games, yakinlah Kodam Jaya memiliki kewajiban dan siap berperan serta mensukseskannya, baik sukses untuk menembus 10 Besar sesuai target Kemenpora, maupun sukses penyelenggaraan karena telah dirancang dan melibatkan semua lini atau lintas instansi yang ada”, jelas Pangdam.

Di penghujung pertemuan, Pangdam mengutarakan sejumlah program kegiatan Kodam Jaya, dimana sebagiannya sudah dilaksanakan dalam tahap awal, seperti revitalisasi Situ dan Sungai serta beberapa kunjungan ke Kampus menemui para civitas akademik. Tentang penertiban, Pangdam menjelaskan bahwa hal itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai institusi yang diberi kewenangan oleh Negara untuk mengelolanya. Bagi penghuni Rumdis yang tidak memenuhi persyaratan, apa boleh buat dan demi aturan, Kodam Jaya akan tetap menertibkannya, dan bagi warga yang mau mengindahkan peringatan, Kodam sudah menyiapkan kontrakan sesuai kebutuhan dan dalam batasan waktu tertentu sesuai kemampuan”, pungkas Pangdam.

About admin