Home / Berita Satuan / Personel Kodim Bekasi Kota Terima Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan

Personel Kodim Bekasi Kota Terima Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Segenap personel Kodim 0507/BKS menerima sosialisasi pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan dari tim Direktorat Jenderal Pajak KPP Pratama Bekasi Selatan, di Aula Makodim Jln Veteran No. 60 Bekasi Selatan – Kota Bekasi, Senin (19/03/18).

Dalam pembukaan, Danramil 03/Teluk Pucung, Kapten Inf Isgianto menghimbau agar seluruh peserta memperhatikan keseluruhan materi yang disampaikan dengan serius, karena mempermudah dan sangat bermanfaat untuk seluruh anggota.

” Pada penjelasan awal seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Kornel J Sirait menyampaikan tentang pentingnya membayar pajak serta batas lapor SPT tahun 2017 paling lambat akhir Maret 2018 “. Sebelum penjelasan berlanjut, sejumlah peserta mempertanyakan mengapa harus melapor, karena secara otomatis pendapatan masing-masing personel sudah di potong setiap bulannya.

Diterangkan, kegunaannya semata-mata untuk kepentingan bagi si pelapor itu sendiri, terkait harta benda atau pendapatan yang dimiliki. Semua masyarakat yang berpenghasilan di atas 54 juta/tahun, wajib membayar pajak dan melaporkannya sesuai Undang Undang Republik Indonesia No. 36 tahun 2008.

Seperti diketahui bersama, SPT dibagi menjadi 2 kategori yaitu SPT Tahunan dan SPT Masa. SPT Tahunan, merupakan laporan pajak yang dilaporkan satu tahun sekali (tahunan) baik oleh wajib pajak, badan maupun pribadi, yang berhubungan dengan perhitungan dan pembayaran pajak penghasilan, objek pajak penghasilan, dan/atau bukan objek pajak penghasilan, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan peraturan pajak untuk satu tahun pajak, atau bagian dari tahun pajak.

Ditambahkan, SPT Masa ada 10 jenisnya. SPT Masa tersebut dinamakan berdasarkan nomor pasal, dimana aturan pajak tersebut diatur dalam PPh Pasal 21/26, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23/26, PPh Pasal 25, PPh Pasa 4 ayat (2), PPh Pasal 15, PPN (Pajak Pertambahan Nilai), PPN bagi Pemungut dan PPN bagi Pengusaha Kena Pajak Pedagang Eceran yang menggunakan nilai lain sebagai Dasar Pengenaan Pajak serta Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Usai menerima penjelasan terperinci, para peserta juga dipandu cara menggunakan aplikasi DJP online. “Silahkan kunjungi website dan akses melalui DJP online, agar bapak ibu dapat melapor dari dan dimana saja, tanpa harus ke kantor pajak. Jangan lupa, cantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak dan Nomor EFIN”, tandas Sirait.

Kegiatan sosialisasi dapat berjalan lancar dan aman, dihadiri Danramil 01/Kranji Mayor Inf Rahmat Triono S.Ag, M.M, dan para Perwira Kodim 0506/Bekasi.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …