Home / Berita Satuan / Pertajam Kemampuan Menembak, Prajurit Kodim Depok Gelar Latbak Jatri

Pertajam Kemampuan Menembak, Prajurit Kodim Depok Gelar Latbak Jatri

Kodam Jaya – Depok. Guna memelihara dan mempertajam kemampuan, segenap prajurit Kodim 0508/Depok melaksanakan latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri), di lapangan tembak RTM Kelapa Dua Cimanggis Kota Depok, Kamis (22/03/18).

Rutinitas agenda program kerja triwulan I TA. 2018 ini dilaksanakan selama 2 hari, terbagi atas dua nomor, dengan jarak dan sikap yang berbeda, dipimpin langsung oleh Komandan Kodim Depok, Letkol Inf R. Moch. Iskandarmanto.

Sebelum berlatih Letkol Iskandarmanto menyampaikan, profesional atau tidaknya seorang prajurit dinilai dari tingkat penguasaan kemampuan dasar yang dimiliki masing-masing prajurit, salah satunya harus mahir menembak.

“Kita adalah prajurit profesional, meski di keseharian berbaur dengan masyarakat serta menyita waktu dan tenaga, tetapi kita wajib dan tetap dituntut tidak melupakan kemampuan dasar sebagai seorang tentara, yang mahir bela diri, punya fisik prima dan jago menembak. Maka, jadikanlah latihan ini sebagai sarana mengasah kemampuan, agar memiliki kecakapan untuk menjawab seluruh tantangan tugas yang semakin kompleks”, pesan Dandim.

Kapten Arh Setiyono selaku Komandan Latihan menjelaskan, jenis senjata yang digunakan adalah laras panjang M16 A1, tersedia 5 lajur dengan sikap tembak Tiarap dan jarak 100 meter. Untuk tembak Pistol P1, dilaksanakan dengan sikap berdiri dan jarak 25 meter. Masing-masing petembak menggunakan peluru sebanyak 3 butir tembakan ‘koreksi’ dan 10 butir untuk ‘penilaian’.

“Perhatikan faktor keamanan, masing-masing petugas agar lebih teliti dan bertanggungjawab. Patuhi aturan dan protap selama berada di lapangan dan selamat berlatih”, tandas Setiyono di hadapan seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim Depok.

Check Also

Koramil 07/Pondok Aren Gelar Operasi Yustisi di Jurang Mangu

Kodam Jaya – Tigaraksa. Upaya dalam memutus penyebaran virus Covid-19, Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr …