Home / Bersama Melawan Covid 19 / Perwira Mantan Secapa AD Donor Plasma Convalesence Di RSPAD

Perwira Mantan Secapa AD Donor Plasma Convalesence Di RSPAD

Kabar menggembirakan datang dari klaster Secapa TNI AD, Bandung, karena semua prajurit dan tenaga pendidik yang sempat positif corona dinyatakan telah sembuh.

Setelah sembuh dari virus corona, sejumlah prajurit pun menunaikan amanat KSAD Jenderal Andika Perkasa yang meminta mereka melakukan donor plasma darah. Donor ini bertujuan sebagai terapi bagi pasien COVID-19, terutama yang bergejala berat.

Setidaknya, hari ini dilaporkan 28 perwira lagi mendonorkan plasma darahnya. “Pagi ini ada 28 perwira mantan Secapa lagi yang donor darah plasma di RSPAD (Gatot Soebroto),” ujar Kepala Dinas Penerangan AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam keterangannya, Selasa (18/8).

Dengan tambahan 28 perwira ini, maka total prajurit yang sudah melakukan donor darah plasma berjumlah 214 orang. “Sehingga total pendonor plasma convalesence perwira mantan Secapa AD adalah 214 orang,” tutur Nefra.

Total pasien dari klaster Secapa TNI AD berjumlah 1.308 orang. Setelah sembuh, beberapa prajurit menjalani terapi plasma convalesence yang diyakini menjadi salah satu cara ampuh menyembuhkan pasien corona. Syarat pasien sembuh yang ingin mendonorkan plasma darah adalah sudah sembuh minimal 14 hari dan tidak mengalami gejala, berusia 17-60 tahun, belum pernah melakukan transisi, dan bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil.

Check Also

Lomba Film Pendek Sesko TNI 2020