Home / Berita Satuan / Prajurit Brigif 1 PIK Tes Samapta Dan Renang Militer Sebagai Syarat UKP

Prajurit Brigif 1 PIK Tes Samapta Dan Renang Militer Sebagai Syarat UKP

Kodam Jaya – Jakarta. Komandan Detasemen Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS Mayor Inf Andi Ariyanto meninjau langsung pelaksanaan Garjas Kenaikan Pangkat (UKP) 1 Oktober 2018 Prajurit Brigif Mekanis 1 PIK/JS, bertempat di Lapangan Brigif Mekanis 1 PIK/JS, Sabtu (10/03).

Dalam Usul Kenaikan Pangkat (UKP) di jajaran TNI Angkatan Darat, seluruh prajurit diwajibkan mengikuti tes kesamaptaan jasmani dan renang militer. Dua hal itu merupakan syarat mutlak bagi prajurit TNI AD baik yang berpangkat Tamtama, Bintara maupun Perwira yang hendak naik pangkat.

Dandenma menyampaikan  dalam melaksanakan garjas para prajurit harus mengutamakan faktor keamanan agar dalam pelaksanaan garjas tidak terjadi sesuatu yang tidak diingginkan dan apabila para peserta dalam pelaksanaannya merasa ada sesuatu yang dirasakan sakit maka cepat hentikan kegiatan dan cepat lapor kepada Tim Kesehatan.

“Kegiatan Garjas merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh prajurit untuk mendapatkan kesejahteraan berupa kenaikan pangkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya dan merupakan barometer yang diprogramkan oleh TNI dengan maksud dan tujuan untuk menjaga kesiapsiagaan, kemampuan dan ketangkasan bagi Para Prajurit TNI untuk selalu siap setiap saat apabila dibutuhkan untuk kepentingan satuan,” jelas Dandenma

Tes kesamaptaan jasmani terdiri dari lari sejauh 3200 meter, pull up, sit up, push up, dan shutle run. Sedangkan untuk pelaksanaan renang militer gaya dada dengan jarak 50 meter menggunakan PDL

“Nilai Garjas yang diperoleh setiap prajurit kelayakan dalam pengajuan kenaikan pangkat, karena ada batas minimum nilai yang sudah menjadi aturan baku di jajaran satuan Brigif Mekanis 1 PIK/JS, sesuai dengan kategori umur dan untuk mendapatkan lulus dengan nilai yang baik harus menyiapkan fisik lebih dini dan melaksanakan pembinaan secara terprogram,” tambah Andi.

Kegiatan diawali dengan pengecekan tensi para peserta oleh tim kesehatan Brigif dan dilanjutkan dengan apel pengecekan personel oleh Kasi Pers Mayor Inf Omi di lanjutkan melaksanakan pelemasan yang dipimpinoleh  Bajas Brigif Mekanis 1 PIK/JS.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …