Home / Berita Satuan / Ragam Pujian Lepas Mayjen TNI Jaswandi,  Pangdam Jaya Siap Jadikan Jakarta Damai dan Sejuk

Ragam Pujian Lepas Mayjen TNI Jaswandi,  Pangdam Jaya Siap Jadikan Jakarta Damai dan Sejuk

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Berbagai prestasi telah diraih dan ragam pujian diterima Mayor Jenderal TNI Jaswandi saat seluruh personel Kodam Jaya menghantarkan dirinya dan keluarga hingga ke pintu gerbang, dalam sebuah rangkaian acara tradisi lepas sambut Pangdam Jaya/Jayakarta di Markas Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Jumat (23/3/18).

Sejumlah pejabat dan kerabat sangat antusias hingga di penghujung acara. Tampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Kajati DKI Tony Spontana, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diani, Pangkoopsau Marsda TNI Nanang Santoso dan para Komandan serta Kabalak jajaran Kodam Jaya.

Seperti lazimnya acara lepas sambut, apel bersama dan defile pasukan mengawali kegiatan, digelar sebagai tanda pergantian Pemimpin Kodam Jaya, dari pejabat lama kepada pejabat baru. Beberapa waktu lalu, Kasad Jenderal TNI Mulyono telah mengestafetkan mandat dan tongkat kepemimpinan Pangdam Jaya kepada Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto.

Usai defile, penanaman pohon dilakukan oleh pejabat lama, yang mengandung makna mendalam dalam artian, meski berjauhan raga dan kedinasan, Mayjen TNI Jaswandi tetap bagian dari Keluarga Besar Kodam Jaya. Lebih tepat dan jelasnya, hingga sampai kapanpun dan dimanapun, kehadiran, karya dan karakter ‘kebapakan’ Mayjen TNI Jaswandi selama memimpin, tetap terkenang dan dapat dirasakan oleh personel jajaran Kodam Jaya/Jayakarta.

Pasca menanam pohon kelengkeng rasa durian di halaman Aula Sudirman, dekorasi panggung bernuansa loreng dipadukan ornamen Merah Putih, serta selembar spanduk di lapangan Tenis Jasdam Jaya tampak siap menyambut para undangan. Singkat cerita, Denmadam Jaya, layak diacungin jempol atas kreatifitasnya menyulap sebuah lapangan, meski sederhana tetapi menjadi tempat yang penuh kehangatan dan sedap dipandang mata.

DALAM KEAKRABAN DAN PERSAUDARAAN TERSEBUT, SEJUMLAH PUJIAN TERHADAP KEPEMIMPINAN MAYJEN TNI JASWANDI TERLONTAR DARI BEBERAPA PEJABAT, DIDENGARKAN OLEH RATUSAN PERSONEL JAJARAN KODAM JAYA. KAPOLDA METRO JAYA IRJEN IDHAM AZIS MENJADI ORANG PERTAMA MENYAMPAIKAN PESAN DAN KESAN, SEKALIGUS MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA MAYJEN TNI JONI SUPRIYANTO. BEGINI KUTIPAN KOMENTAR KAPOLDA METRO, “BELIAU (JASWANDI) SANGAT MEMBERI TAULADAN KEPADA JUNIOR. SELAMA 8 BULAN BERTUGAS DI POLDA DAN MENJALIN KERJA SAMA DENGAN KODAM JAYA, SAYA BANYAK BELAJAR DARI BELIAU. SEBAGAI JUNIOR, SAYA BANGGA BISA BEKERJA SAMA DENGAN BELIAU, SEBAGAI ORANG TUA YANG SAMA-SAMA DALAM MENGELOLA JAKARTA,” KATA KAPOLDA.

Sambutan dan pujian berikut datang dari Gubernur DKI Jakarta. Anies Baswedan mengakui Pemprov DKI sangat terkesan atas kerja sama selama ini. “Salah seorang putera terbaik bangsa telah menunaikan tugasnya sebagai Panglima Kodam Jaya. Pak Jaswandi selalu hadir dengan kearifan, kebijaksanaan dan suasana yang menyenangkan. Terima kasih Pak Jaswandi,” kata mantan Mendikbud ini.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Jaswandi mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah terbina selama ini. Kepada para personel Kodam Jaya, dirinya berpesan agar mempertahankan apa yang sudah baik, dan meningkatkan apa yang belum untuk bisa lebih baik. Selain bangga, ia juga memuji dedikasi dan kinerja yang telah ditunaikan, meski tahu setiap tugas bukanlah perkara mudah, tetapi tetap sesuai prosedur dan tanpa kesalahan ataupun pelanggaran. Mayjen TNI Jaswandi juga menyampaikan akan menunaikan kewajibannya sebagai suami dan ayah dengan sebaik-baiknya, mengingat selama 33 tahun mengabdi dan demi tugas yang harus diemban, membawa pengaruh kurangnya perhatian terhadap keluarga.

Menjawab pujian dari Kapolda dan Gubernur DKI, Mayjen Jaswandi membalas, “Saya sangat tersanjung dengan apa yang telah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Pak Anies dan Kapolda Metro Jaya, semoga tetap amanah dan tidak menjadi suatu kesombongan bagi saya,” tandasnya disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Sebagai tuan rumah, sambutan pamungkas disampaikan oleh Mayjen TNI Joni Supriyanto. Berbagai atensi dan perhatian tersampaikan dengan baik. Satu hal yang menjadi perhatian serius Pangdam Jaya adalah mengenai itikad dan sikap Kodam Jaya ke depan. “Kita berniat bersama-sama membuat Jakarta menjadi damai dan sejuk. Niatnya satu, membuat Jakarta damai dan sejuk,” terang Pangdam Jaya.

SEKILAS JENDERAL BINTANG DUA INI JUGA MEMPERKENALKAN DIRI DAN KELUARGA, SERTA SEJUMLAH PENGALAMAN TUGAS SELAMA MENJADI PRAJURIT TNI AD. PRIA YANG LAHIR DI NGUNUT PLAYEN, GUNUNG KIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ADALAH LULUSAN AKABRI TAHUN 1986. DITAMBAHKAN, “ADA BEDANYA SAYA DENGAN PAK JASWANDI, KALAU PAK JASWANDI BAPAK IBU SERING LIHAT BELIAU SUKA TERSENYUM, NAMUN TIDAK DENGAN SAYA, KARENA SAYA DITAKDIRKAN UNTUK SUSAH SENYUM. MOHON JANGAN DIDISKUSIKAN TAKDIR INI YA PAK”, PINTA PANGDAM JAYA DISAMBUT RIUH TEPUK TANGAN PERSONEL KODAM JAYA DAN GELAK TAWA PARA UNDANGAN.

Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah diiringi musik dan hiburan dari artis Didi Kempoet serta komedian Tukul Arwana. Sejumlah anggota Persit KCK PD Jaya turut menambah kehangatan melalui tarian dan pemberian cindera mata. Selamat jalan Mayjen TNI Jaswandi dan selamat datang Mayjen TNI Joni Supriyanto.

 

Check Also

Bersama Tim Satgas Babinsa Koramil 05/Ciputat Gelar Operasi Yustisi

Kodam Jaya – Tangerang. Bersama tim satgas Covid-19, Babinsa Koramil 05/Ciputat Kodim 0506/Tgr kembali melaksanakan …