Home / Berita Satuan / Rakyat Papua di Jakarta dan Sekitarnya Dijamin Keamanannya oleh Kodam Jaya

Rakyat Papua di Jakarta dan Sekitarnya Dijamin Keamanannya oleh Kodam Jaya

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Pasca kericuhan Manokwari, jajaran Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya melakukan antisipasi agar peristiwa yang serupa tidak meluas di Jakarta dan sekitarnya.

Upaya antisipasi yang dilakukan Kodam Jaya yang dilaksanakan oleh Kodim Jakarta Pusat dan Polres Metro Jakarta Pusat, dengan melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh Papua yang berada di Jakarta. Silaturahmi itu digelar di Hotel Oasis Amir, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/19).

Hadir dalam pertemuan itu, Dandim Jakarta Pusat Letkol Inf Wahyu Yudhayana dan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes (Pol) Harry Kurniawan S.IK.MH. Sementara dari tokoh Papua tampak Jan Waromi, Fery Fernando Yensenem, Yusak Merani, SE, Fredy Laritembun, Petrus Mote, Rauf Rumagesan, Dikson Worabay, Stevanus S. Wetipo, Abdurahman dan beberapa tokoh masyarakat Papua.

Dalam sambutannya Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes (Pol) Harry Kurniawan S.IK.MH., menyampaikan gagasan pertemuan silaturahmi dengan warga Papua ini bermula dari pembicaraannya dengan Dandim Jakarta Pusat, ditengah padatnya tugas pengamanan siang itu. “Dalam pertemuan yang istimewa ini, Saya ingin menyatakan rasa cinta dan bangga Saya dengan kebhinekaan, terutama di wilayah Indonesia timur, saat kami bertugas di sana terasa indahnya kebersamaan tanpa membedakan suku dan agama,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Dandim Jakarta Pusat menambahkan bahwa kecintaan luar biasa beliau terhadap Papua juga ia rasakan, saat penugasan di tanah Papua pada Tahun 2006 dan mengukir kenangan tentang keindahan wilayah dan budaya Papua. “Pada prinsipnya kebhinekaan ini harus tetap kita jaga, kami menjamin keamanan warga Papua dalam beraktivitas di wilayah Jakarta Pusat . Kita berharap semua orang mendapatkan hak yang sama sebagai warga negara Indonesia,” urai Dandim.

Perwakilan tokoh Papua, Fernando M. PI, menyampaikan “Rakyat Papua cinta damai dan inginkan keharmonisan dalam kebhinekaan, kami menyayangkan peristiwa yang terjadi ” sesal Fernando.

Hal senada juga disampaikan Jhon Mauri, MM., yang mengapresiasi acara silaturahmi ini dan akan membantu pemerintah untuk mencari solusi yang baik agar permasalahan di bumi Papua segera teratasi. “Pertemuan ini tentu sangat bermanfaat bagi kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan, terutama bagi warga Papua saat ini,” singkatnya.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …