Home / Berita Satuan / Rangkaian Peringatan HUT ke-71 Kodam Jaya Pangdam Jaya/Jayakarta Ziarah dan Bakti Sosial.

Rangkaian Peringatan HUT ke-71 Kodam Jaya Pangdam Jaya/Jayakarta Ziarah dan Bakti Sosial.

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S. E., M.M dan Ketua Persit PD Jaya, ziarah dan adakan bakti sosial pemberian sembako di Masjid Kramat luar Batang dan makam Pangeran Jayakarta, dalam rangka rangkaian HUT Kodam Jays ke-71. Bertempat di Jl Luar Batang Jakarta Utara dan Jl Jatinegara Kaum Pulo Gadung Jakarta Timur. Rabu (25-11-2020)

Dalam rangkaian kegiatan HUT Kodam Jaya Ke-71 serta pengabdian Kodam Jaya kepada negara dan bangsa Indonesia. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M memimpin ziarah rombongan keluarga besar Kodam Jaya ke masjid luar Batang dan Makam Pangeran Jayakarta.

Ziarah dan memberikan bantuan sosial berupa pemberian sembako kepada warga sekitar dan pengurus masjid dan makam merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan setiap Kodam Jaya akan laksanakan peringatan Hari Ulang Tahun Kodam Jaya yang jatuh pada tanggal 24 Desember nanti.

Selain itu, ziarah ke masjid luar Batang dan Makam Pangeran Jayakarta ini merupakan salah satu bentuk penghormatan untuk mengenang jasa arwah para pahlawan, khususnya ke makam pahlawan Pangeran Jayakarta yang telah memperjuangkan Ibu Kota Jakarta.

Dalam sejarahnya,
Masjid Luar Batang merupakan salah satu bangunan sejarah tua yang ada di Jakarta. Sejarah berdirinya masjid ini tak terlepas dari Habib Husein bin Abu Bakar bin Abdillah Al-‘Aydrus. Habib ini kemudian dikenal dengan nama Habib Kramat Luar Batang.
Begitu juga dengan makam Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten. Namun ada juga yang menganggap Pangeran Jayakarta adalah Pangeran Jayawikarta.

Dalam lawatannya, Pangdam Jaya disambut para pengurus masjid dan makam pangeran Jayakarta, kemudian menerima laporan dari panitia, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai penghormatan kepada arwah pahlawan.

Pada ziarah makam Pangeran Jayakarta ini ditandai dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Pangdam Jaya dan Ketua Persit KCK PD Jaya disertai pejabat teras Kodam Jaya.

Rangkaian ziarah dan bakti sosial diakhiri dengan pemberian bantuan kepada masjid luar Batang dan masjid Asafiiyah makam pangeran Jayakarta serta pemberian sembako dari keluarga besar Kodam Jaya yang di sampaikan secara simbolis oleh Pangdam Jaya, Kasdam Jaya, Ketua Persit PD Jaya dan Wakil Ketua Persit PD Jaya.

Hadir pada giat ziarah ke masjid dan makam pangeran Jayakarta Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, Irdam Jaya, Kapok Sahli Pangdam Jaya, Para Asisten Kasdam Jaya, Para Kepala dan Komandan sstuan Jajaran Kodam Jaya serta pengurus Persit PD Jaya.

Check Also

Penerapan PPMK : Babinsa Koramil 01/Tambun Gelar Operasi Yustisi

Kodam Jaya – Kab. Bekasi. Bersama Tim Satgas Covid-19, Babinsa Koramil 01/Tambun Kodim 0509/Kab.Bekasi kembali …