Home / Berita Satuan / Ratusan ASN Kodam Jaya Terima Pencerahan Netralitas

Ratusan ASN Kodam Jaya Terima Pencerahan Netralitas

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Wakil Asisten Personel (Waaspers) Kasdam Jaya Letkol Inf Iwan Setyawan membuka sosialisasi Pedoman Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Korps Pegawai Negeri (Korpri) serta Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Darat, di Aula A. Yani Makodam Jaya, Jumat (9/3/18).

Sosialiasi bersifat pencerahan ini disaksikan Wakil Kepala Ajendam Jaya Letkol Caj Eko Arsanto, dihadiri oleh Pengurus Korpri dan 250 orang ASN Kodam Jaya. Tujuannya agar diperoleh pemahaman tentang apa saja yang boleh dilakukan dan yang dilarang terkait Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, baik selama masa persiapan, masa kampanye maupun saat pemungutan suara.

Letkol Iwan menyampaikan, meski mempunyai hak pilih, seorang ASN dilarang mempertontonkan keberpihakannya ke salah satu partai atau kandidat. Jauhkan diri dari segala kepentingan politik, bijak dan berhati-hati dalam penggunaan media sosial. Tentukan hak pilih sesuai hati nurani sebagai kontribusi positif guna kesuksesan pesta demokrasi tersebut, tentunya sesuai aturan dan batasan yang tertera dalam Undang-Undang terkait. Letkol Iwan kembali menekankan, tentang larangan menjadi simpatisan atau memihak kepada para pendukung/salah satu calon kontestan.

Staf Paban 6 Bin ASN Spersad, Mayor Cku Darmuji juga mempertegas melalui paparan tentang Pedoman Pokok-Pokok Organisasi. ASN harus netral walaupun mempunyai hak pilih, karena hal tersebut sudah tercantum dalam UU No. 43 yaitu tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Selain itu, para ASN jajaran TNI Angkatan Darat tidak boleh diskriminatif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Darmuji mengingatkan agar tetap berpedoman pada pokok-pokok organisasi sebagai acuan dalam menentukan sikap, baik secara pribadi maupun kelompok. Dirinya juga berharap, pengabdian Korpri sebagai wadah organisasi ASN mampu membangun soliditas sebagai perekat dan pemersatu bangsa, yang mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi ataupun golongan.

Check Also

Forkompimda Kota Depok Gencar Operasi Yustisi dan PDPMK di Jl Raya Margonda Panmas Kota Depok

Kodam Jaya – Depok. Bantu cegah penyebaran Virus Covid-19, Forkompimda Kota Depok menggelar operasi yustisi …