Home / Berita Satuan / Ratusan Perwakilan Universitas Terima Sosialisasi Doktrin TNI Angkatan Darat

Ratusan Perwakilan Universitas Terima Sosialisasi Doktrin TNI Angkatan Darat

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kodam Jaya/Jayakarta menggelar Sosialiasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi (KEP) kepada 22 perwakilan Universitas. Perwira Staf Ahli Bidang Ideologi Kolonel Kav Marsudi mewakili Pangdam Jaya membuka sosialisasi di Aula A. Yani Makodam Jaya/Jayakarta, Rabu (7/3/18).

Sosialisasi menghadirkan 4 orang nara sumber dari Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad) dipimpin Kolonel Inf Septian Ginting. Sosialisasi ini adalah untuk pengenalan Doktrin KEP Tahun 2013 berikut penyempurnaannya yang telah disesuaikan dengan tuntutan terkini. Para peserta selain mendapat penjelasan lebih terperinci, juga berkesempatan menyaksikan pemutaran film Doktrin KEP dan dilanjutkan sesi tanya jawab.

Seperti diketahui bersama, materi sosialisasi yang disampaikan adalah suatu ajaran/aturan yang sudah diyakini kebenarannya, dan dijadikan pedoman oleh TNI AD dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Doktrin ini sifatnya terbuka, siapapun boleh mengetahui baik para akademisi, mahasiswa maupun komponen lainnya, bertujuan agar dapat diketahui secara luas dan menyeluruh tentang tugas – tugas TNI AD dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, baik berupa tantangan Militer, Non Militer hingga tantangan Hibrida. Dijelaskan juga bahwa posisi TNI AD adalah sebagai aktor utama dalam penegakan kedaulatan, sementara para mahasiswa substansinya adalah sebagai agen tangan kanan, dan bersama – sama TNI AD menjaga keutuhan NKRI.

Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan terjadi perubahan yang lebih signifikan serta berpengaruh positif terhadap keberhasilan tugas – tugas TNI AD, dan tentunya melalui dasar hubungan yang harmonis dengan para mahasiswa. Selain itu, lewat Binter yang kerap dilakukan Kodam Jaya dapat memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat, akan lebih lengkap bila didukung oleh mahasiswa sebagai Kader Bela Negara.

Dari absensi, tercatat hadir perwakilan dari 22 Universitas ; YAI Persada, UBK, Yarsie, UKI, UNJ, Borobudur, Al Azhar, Atmajaya, Trisakti, UNTAR, Mercubuana, Akademi Maritim, 17 Agustus, Unisma 45, Unkris, Bhayangkara, Gunadarma, Presiden, Multimedia Serpong, STT Tigaraksa dan Universitas Indonesia.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …