Home / Berita Satuan / Rumah Sakit Tingkat IV Cijantung Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam

Rumah Sakit Tingkat IV Cijantung Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam

Kodam Jaya-Cijantung. Untuk meningkatkan kemampuan setiap anggota dalam menghadapi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat, Rumah Sakit (RS) Tingkat IV Cijantung menggelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Aula Lantai 2 RS Tingkat IV Cijantung, Jakarta Timur, Senin (30/7/18).

Sosialisasi ini merupakan pelaksanaan program kerja RS Tingkat IV Cijantung Kesdam Jaya Tahun Anggaran 2018 bidang pendidikan dan pelatihan dengan mendatangkan tim sosialisasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Sosialisasi ini diikuti sedikitnya 118 peserta dari jajaran Kesdam Jaya, Kesehatan satuan TNI, Puskesmas dan Klinik yang berada di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya.

Kakesdam Jaya Kolonel Ckm dr. hardono, SPS dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Kesdam Jaya khsusunya personel RS Tingkat IV Cijantung. “RS Tingkat IV Cijantung mempunyai motivasi untuk meningkatkan kemampuan menghadapi kemungkinan terjadi bencana baik internal maupun eksternal Rumah Sakit, sehingga RS Tingkat IV Cijantung mengajak seluruh jajaran Kesdam Jaya dan satuan tetangga terdekat untuk sama-sama belajar meningkatkan kemampuan tanggap darurat,” jelas Kakesdam Jaya.

Senada dengan Kakesdam Jaya, Karumkit RS Tingkat IV Cijantung Mayor Ckm (K) dr. Nanik Prasetyoningsih, Sp.PK dalam sambutannya mengatakan tujuan sosialisasi adalah tercapainya target profesionalisme di bidang pencegahan dan penanggulangan bencana sekaligus meningkatkan silaturahmi dengan satuan tetangga yang pada akhirnya dapat memberikan pelayanan prima kepada pasien.

Sementara tim sosialiasi dari BPBD DKI Jakarta yang dipimpin Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Tri Indrawan dan Kasie Pencegahan Rian Sarsono menyampaikan paparan berjudul ‘Kesiapsiagaan dan Teknik Evakuasi Gempa’.

Seputar gempa, BMKG, akibat gempa dan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa diulas tuntas oleh Tim BPBD DKI Jakarta. Tim BPBD pun menjelaskan secara terinci tindakan yang harus dilakukan sebelum gempa, saat terjadi gempa, setelah terjadi gempa dan saat evakuasi.

Selain memberikan penjelasan di dalam ruangan, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, Tim BPBD juga memberikan simulasi menghadapi gempa di sekitar gedung dan lapangan depan RS Tingkat IV Cijantung. Dalam simulasi ini, para peserta terlihat sangat antusias melihat dan meragakan tahap-tahap yang dijelaskan oleh Tim Sosialisasi.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …