Home / Satuan Kewilayahan

Satuan Kewilayahan

Satuan Kewilayahan di Kodam Jaya terdiri dari 2 Korem dan 1 Kodim BS dengan pembagian wilayah sebagai berikut :

  • Korem 051 Wijayakarta adalah Komando Pelaksana Kodam Jaya yang bersifat kewilayahan dan dapat merupakan Sub Kompartemen Strategis, dengan tupok menyelenggarakan pembinaan kesiapan oprasional komandonya, pembinaan teritorial dan menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan sesuai Renhan Kodam Jaya, Pelayanan Bantuan Administrasi terhadap Satuan/Badan/Komando yang berada didalamnya serta menyelenggarakan fungsi kegarnizunan TNI di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Depok. Wilayah teritorialnya meliputi 4 Kodim yaitu :
    1. Korem 051 Wijayakarta :
      1. Kodim 0504 Jakarta Selatan.
      2. Kodim 0505 Jakarta Timur.
      3. Kodim 0507 Bekasi.
      4. Kodim 0508 Depok.
  • Korem 052 Wijayakrama adalah Komando Pelaksana Kodam Jaya yang bersifat kewilayahan dan dapat merupakan sub Kompartemen strategis, dengan tugas pokok menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan sesuai Renhankam Kodam Jaya, Pelayanan Bantuan Adminstrasi terhadap Satuan/Badan/Komando yang berada didalamnya serta menyelenggarakan fungsi kegarnizunan TNI di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Tangerang. Satuan ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 1998, berkedudukan di Jl. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang wilayahnya meliputi 3 Kodim yaitu:
    1. Korem 052 Wijayakrama :
      1. Kodim 0502 Jakarta Utara.
      2. Kodim 0503 Jakarta Barat.
      3. Kodim 0506 Tangerang.
      4. Kodim 0510 Tigaraksa.
  • Satuan BSĀ Kodim 0501 Jakarta PusatĀ adalah Kodim yang berdiri sendiri (BS) merupakan salah satu satuan kewilayahan yang mempersiapkan aspek kondisi sosial, geografi dan demografi wilayah sehingga dapat melaksanakan fungsi pembinaan territorial yang diupayakan secara bersama-sama dengan komponen masyarakat. Kantor Makodimnya terletak di area PRJ, Kemayoran Jakarta Pusat, membawahi 8 Koramil.