Home / Satuan Tempur dan Banpur

Satuan Tempur dan Banpur

Satuan tempur dan satuan Bantuan Tempur yang dimiliki Kodam Jaya meliputi :

  • Brigade Infanteri Mekanis 1 Pengamanan Ibukota Jaya Sakti merupakan Brigif Mekanis karena didalamnya terdapat tambahan 1 Batalyon Kavaleri dan 3 Batalyon Infanteri Mekanis. Satuan yang bermarkas di Kalisari Jakarta Timur ini lahir pada tanggal 27 Desember 1964, memiliki motto “ATITA ARTHA ANTHA” yang berarti prajurit Brigif Mekanis 1 PIK JS merupakan prajurit yang pantang mundur sebelum tujuan tercapai. Brigade Infanteri Mekanis 1 Pengaman Ibukota Jaya Sakti membawahi 4 Satuan antara lain :

1. Batalyon Infanteri Mekanis 201 Jaya Yudha.

2. Batalyon Infanteri Mekanis 202 Tajimalela.

3. Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning.

4. Batalyon Kavaleri 9 Penyerbu. 

  • Resimen Arhanud-1/Falatehan merupakan satu-satunya Resimen Arteleri Pertahanan Udara yang ada di Indonesia pada saat ini. Satuan-satuan yang masuk didalam jajaran Resimen Arhanud 1 Falatehan. Menarhanud 1 Faletehan membawahi 3 satuan antara lain :

1. Batalyon Arhanud 6

2. Batalyon Arhanud 10

3. Detasemen Arhanud 003

  • Batalyon Kavaleri 7 Pragosa Satya adalah salah satu satuan berdiri sendiri yang berada dijajaran Kodam Jaya, sebelumnya bernama Batalyon Kavaleri Panser/Cadua dan secara resmi menjadi organik Kodam Jaya pada tahun 1963. Satuan ini merupakan satuan tempur di darat yang terdiri dari materiil dan personil yang disusun dan dilatih secara khusus dan dilengkapi dengan kendaraan berlapis baja beroda ban Panser V-150 dan Panser VAB, serta didukung alat-alat untuk melaksanakan tugas pengamanan, pengintaian dan evakuasi personel dan materiil.
  • Batalyon Arteleri Medan 7 Biring Galih, dimanaBatalyon ini sebelumnya berada di Kodam II/BB Sumatera Utara, kemudian pada tanggal 8 Februari 1977 masuk dalam satuan jajaran Kodam Jaya dengan nama Baterai Penghormatan/Baterai armed-5 BS/76 yang berkedudukan di Bintaro Jakarta Selatan, dan pada tanggal 14 Juli 2004 setahun Yonarmed-7/105 GS secara utuh berada di Cikiwul Bekasi.
  • Detasemen Zeni Tempur 3 yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan konstruksi dan destruksi guna memperbesar daya gerak sendiri, memperkecil daya gerak musuh dan Nubika pasif serta mempertinggi kelangsungan hidup dan kemampuan operasi satuan manuver Kodam Jaya.