Home / Berita Satuan / Serbuan Teritorial, Aster Kasdam Jaya Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan Menuju Era Milenial

Serbuan Teritorial, Aster Kasdam Jaya Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan Menuju Era Milenial

Kodam Jaya – Kramat Jati. Di era globalisasi saat ini, tantangan pendidikan di Indonesia sangat kompleks. Era globalisasi yang melahirkan generasi milenial yang harus siap bersaing di dunia internasional, sekaligus memiliki karakter kuat serta bermoral.

Pembinaan Karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Sebanyak 200 siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 93) diberikan pengetahuan dan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Pembekalan Wasbang tersebut diberikan oleh Asisten Teritorial Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto di SMAN 93 Jln Raya Bogor Komplek Paspampres Kramat Jati, Jakarta Timur. Kamis (24/10/2019).

“Generasi Milenial adalah generasi yang berpendidikan, kreatif dan optimis serta percaya diri karena suatu saat akan dituntut untuk berpendapat dan menyampaiakan ide dimulai dari saat ini.” Ucapnya.

Aster menambahkan, Pancasila harus direfleksikan dan diimplementasikan secara nyata oleh semua masyarakat bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Pancasila apabila dimaknai secara mendalam tentu bisa membawa Indonesia menuju cita-cita kemerdekaan yang dahulu telah ditanamkan dalam setiap benak anak bangsa.

“Seluruh masyarakat bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga dan melestarikan Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya dari pengaruh-pengaruh radikalisme dan sikap intoleran yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Semua elemen bangsa apapun itu suku, agama, etnis wajib mendukung dan berani bersuara menegakan Pancasila.” ujar Aster Kasdam Jaya.

Di era milenial ini, penting sekali menyegarkan gagasan Pancasila agar sesuai dengan konteks zaman. Untuk membangun benteng ideologi yang kokoh, generasi muda perlu disasar dan dilibatkan secara massif dalam mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila. Terlebih, mereka cenderung mudah terpapar dengan virus ekstrimisme dan radikalisme. Dalam hal ini, media teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi strategi yang cukup ampuh untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila secara lebih segar dan kontekstual.

“Peran generasi milenial akan sangat signifikan dalam menentukan perjalanan sejarah bangsa di masa mendatang. Maka, memahami dan membumikan Pancasila, adalah titik balik menuju kebangkitan kembali bangsa kita.“ tegasnya.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …