Home / Berita Satuan / Sertu Andri Babinsa Kalibaru Sebagai Relawan Anti Narkoba Berikan Materi Dalam Kegiatan FGD

Sertu Andri Babinsa Kalibaru Sebagai Relawan Anti Narkoba Berikan Materi Dalam Kegiatan FGD

Yayasan SIAP JAKARTA bekerja sama dengan BNN tingkat kota Jakarta Utara melaksanakan kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) mengenai Penanganan Penyalahgunaan NAPZA bertempat di masjid Baitul mukmin di wilayah RW 06 kelurahan Kalibaru, Senin (15/1/2018).

FGD diikuti oleh 150 peserta dari berbagai elemen masyarakat yang ada di kelurahan kalibaru, khususnya di rw 06, seperti karang taruna, remaja masjid dan sebagainya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bpk Leo Tobing selaku pembina SIAP JAKARTA, Bpk sunaruo dari BNN Jakarta Utara, para ketua RW, LMK, Babinsa, Babinkamtibmas dan pengurus pengurus RT.

Pembicara pertama yaitu bpk Leo Tobing selaku pembina SIAP JAKARTA yang menyampaikan mengenai narkoba secara umum. Pembicara kedua yaitu bpk Sunaryo dari BNN Jakarta Utara yang menyampaikan mengenai Implementasi Penanggulangan Narkoba di daerah Jakarta Utara.

Dalam kata kata sambutan Babinsa Kalibaru Sertu Andri Hermawan menyampaikan ”FGD yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dalam memecahkan persoalan napza dan mencari solusi mengenai penyalahgunaan narkoba di masyarakat yang selama semakin meresahkan.

Dan saya sangat mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh bapak rw 06 Bpk Abdul Karim yang bekerja sama dengan SIAP JAKARTA yang notabene adalah para remaja yang sangat convern terhadap permasalahan narkoba.” demikian disampaikan sertu andri dalam kata kata sambutannya.

Sementara itu Bpk Sunaryo selaku perwakilan dari BNN Jakarta Utara menyampaikan “Narkoba merupakan tantangan luar biasa bagi seluruh masyarakat, apalagi saat sekarang ini generasi muda kita dihajar terus terusan oleh berbagai macam narkoba.

Sekaligus juga disampaikan bahwa di wilayah Kalibaru ini juga sudah ada relawan relawan anti narkoba yang sudah di kukuhkan di tingkat Jakarta Utara, salah satunya adalah Babinsa Kalibaru yaitu Sertu Andri , ujarnya.

Kegiatan FGD kali ini mengambil tema “narkoba sebagai musuh generasi muda” di buka dengan perkenalan dari anggota SIAP JAKARTA dan mulai memberikan materi untuk di diskusikan para peserta.

Bpk Leo Tobing mengutarakan “Narkoba tidak lagi hanya menjadi kenakalan remaja namun sekarang seluruh lapisan masyarakat dan narkoba menjadi suatu permasalahan ketika ada penyalahgunaan”.

Keseriusan mengenai penanggulangan narkoba dibuktikan dengan adanya penajaman Program Nasional “Lingkungan Bersih penyalah gunakan Narkoba”.

Moderator juga menyampaikan mengenai proses penanganan yang dimulai dari pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan Rehabilitasi. Dan yang tidak kalah penting untuk saat ini pengembangan atau peningkatan moral karena masyarakat saat ini mulai mengalami penurunan moral.

Setelah pemaparan dari para pembicara dilanjutkan diskusi dengan semua peserta FGD. Diskusi tersebut diantaranya mengenai kesadaran masyarakat untuk melapor yang masih rendah, pengawasan setelah dilakukan rehabitilasi sehingga nantinya pencandu tidak kembali mengkonsumsi lagi, dan menggandeng admin media sosial untuk mengurangi penyalahgunaan melalui media sosial. Diharapkan setelah diadakannya FGD tersebut dapat memperkuat kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …