Home / Berita Satuan / Sibuk Penataran Pertempuraan Perkotaan, Rindam Jaya Sempatkan Bangun Jamban Warga

Sibuk Penataran Pertempuraan Perkotaan, Rindam Jaya Sempatkan Bangun Jamban Warga

Kodam Jaya -Bekasi. Mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya, menjadikan Prajurit TNI selalu peduli kepada masyarakat yang memerlukan bantuan. Namun, Prajurit TNI tidak pernah membatasi ruang dan waktunya demi rakyat dan negara. Hal itulah yang dilakukan Prajurit Rindam Jaya/Jayakarta, untuk membantu kesulitan yang dialami warga di Kampung Ciranji, Setu, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/3/18).

Meski tengah sibuk mengikuti penataran Pertempuran Perkotaan (Purkota) sejak 7-27 Maret 2018 di Kabupaten Bekasi, para Prajurit TNI ini masih menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan ‘bedah’ jamban.

Dikomandoi Kapten Inf Dicson Abislom, para siswa dan pelatih penataran Purkota ini, bergotong royong membantu membangun tiga Jamban untuk keperluan Mandi Cuci dan Kakus (MCK) bagi tiga Kepala Keluarga (KK) miskin. Satu persatu jamban milik warga miskin, mulai ‘dibedah’ oleh Prajurit Rindam Jaya/Jayakarta.

Sasaran ‘bedah’ jamban yang pertama yaitu milik nenek Sani (78), janda yang hidup sebatang kara. Kehidupan Sani sangat sulit, jangankan untuk membuat jamban, untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya, ia pun butuh belai kasihan para tetangga. Sudah bertahun-tahun dirinya MCK di kantor Kelurahan Ciranji. Rumahnya yang berukuran kecil itu pun hanya berlantaikan tanah, miris melihatnya.

“Ya beginilah kondisi rumah nenek, jauh dari layak, berlantai tanah dan tidak punya jamban. Nenek sangat berterima kasih kepada bapak tentara yang telah peduli sama nenek. Semoga TNI semakin merakyat,” ucap Sani haru.

Selain Sani, warga miskin lainnya yang menjadi sasaran ‘bedah’ jamban dalam rangka program bakti TNI, yaitu Taman (46), lelaki berprofesi sebagai security dan Nami (55), janda miskin berkerja serabutan.

Selain melakukan pembuatan jamban di rumah Sani, Taman dan Nami, peserta penataran Purkota Rindam Jaya/Jayakarta ini, juga melakukan bakti TNI lainnya. Dipimpin Kapten Inf Herman yang didampingi Kepala Desa, Babinsa dan warga Ragemmanunggal, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, tim ini melakukan bersih-bersih dan perbaikan saluran air di depan SD Ragemmanunggal 02, yang selalu terendam air saat hujan turun karena dipenuhi endapan tanah dan rerumputan.

Check Also

Upaya Cegah Penyebaran Virus Corona Dengan Gebrak Masker di Cempaka Putih

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 terus dilakukan aparat tiga …