Home / Berita Satuan / Silaturahmi TNI-POLRI Membangun Kesiapan Operasional Satuan Menghadapi Dinamika Di Wilayah DKI Jakarta

Silaturahmi TNI-POLRI Membangun Kesiapan Operasional Satuan Menghadapi Dinamika Di Wilayah DKI Jakarta

Kodam Jaya – Cililitan. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M., dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imron bersama Jajaran menggelar acara silaturahmi TNI-Polri membangun kesiapan operasional satuan menghadapi dinamika di wilayah DKI Jakarta.

Dalam acara Silaturahmi TNI-POLRI kali ini, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya dan Kapolres Jajaran Polda Metro Jaya, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan – Jakarta Timur, Senin (7/12/2020).

Setelah memberikan pengarahan, kepada awak media Pangdam Jaya yang didampingi oleh Kapolda Metro Jaya dan jajarannya menyampaikan, “Saya dan Kapolda memberikan arahan kepada seluruh Komandan Satuan dan Kapolres khusus wilayah DKI Jakarta, agar mengantisipasi dan mewaspadai kemungkinan bahaya banjir di wilayah DKI Jakarta”, ujarnya.

“Kemudian dalam acara silaturahmi TNI-POLRI tadi, kami membahas juga tentang persiapan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan pada pelaksanaan Pilkada serentak, tentang adanya gangguan-gangguan pada saat pelaksanaan Pilkada, kita bahas jangan sampai terjadi adanya pelanggaran-pelanggaran terutama melanggar masalah protokol kesehatan atau ada pelanggaran-pelanggaran antar kedua calon atau ketiga calon yang masing-masing kemudian bersengketa, ini kita waspadai sehingga kita siap untuk mengantisipasinya”, ungkap Pangdam Jaya.

lebih lanjut Pangdam menuturkan, “Dan yang terakhir adalah kita mempererat kembali bahwa TNI-Polri harus Solid, apapun ancaman, tantangan dan hambatan yang akan kita hadapi. Kita harus satu kata, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintah yang sah, artinya pemerintah yang betul-betul yang selama ini mengambil suatu tindakan dan keputusan itu yang harus kita laksanakan, dan kita harus antisipasi berbagai macam kemungkinan ancaman yang akan timbul, TNI- Polri khususnya wilayah Kodam Jaya, tegasnya.

“Saya dengan Kapolda siap untuk menghadapi apapun yang terjadi kalau TNI dan Polisi kuat, pasti negara ini juga tentunya akan didukung oleh seluruh rakyat wilayah DKI Jakarta, itu yang kami bahas pada pagi hari ini dan ini akan rutin kita lakukan sebagai bahan evaluasi evaluasi setiap Minggu kita akan kumpul, kita evaluasi satu minggu ke belakang apa yang sudah kita lakukan dan langkah kedepan, tambahnya.

Satu minggu kedepan, kira-kira apa yang harus kita lakukan dengan hal-hal kegiatan yang sangat strategis sehingga setiap minggunya, kita harapkan ada peningkatan-peningkatan yang signifikan, harapnya.

Ada dua wilayah yang melaksanakan Pilkada, yang pertama Depok, yang kedua Tangerang Selatan, untuk personil yang disiapkan dari Kepolisian dari Polres Depok tentunya sesuai dengan jumlah personil kemudian Kodim Depok unsur dengan jumlah personil tetapi ada perbantuan dari kepolisian, sebanyak 5000 personil yang sudah disiapkan kemudian TNI nya kita siapkan 3000 personil untuk mengantisipasi kegiatan tersebut.

Kemarin juga saya lihat pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet-Kemayoran, peningkatan luar biasa jumlah yang positif, ini sudah signifikan oleh karena itu nanti kita akan tindak tegas dalam setiap kegiatan, apabila ada kerukuman-kerumunan yang nantinya menimbulkan cluster-cluster baru.

Setelah diambil tindakan-tindakan yang tegas kemudian nantinya kita akan evaluasi lagi, termasuk kita juga mengantisipasi kemungkinan adanya bencana alam banjir, ini kita lihat persiapan kita, baik personel, material yang disiapkan, termasuk tanggal 9 Desember 2020 pelaksanaan Pilkada serentak kita lihat dinamika di lapangan, yang penting kita lakukan dulu cara antisipasinya, kalau TNI-Polri kuat dan bersatu, nggak ada cerita, itu negara pasti aman, pungkasnya.

Check Also

Danramil 07/Kembangan Pimpin Langsung pendistribusian Bantuan Sosial dari Panglima TNI dan Yayasan Buddha Tzu Chi

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Dalam rangka meringankan beban warga masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 …