Home / Berita Satuan / Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Kodim Jakarta Selatan Dampingi Panen Padi

Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Kodim Jakarta Selatan Dampingi Panen Padi

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Sebagai bentuk kepedulian mewujudkan terciptanya swasembada pangan, Babinsa jajaran Kodim Jakarta Selatan kembali turun ke sawah membantu memanen padi milik kelompok Tani Galang Sari seluas 1 Ha, Selasa (22/05).

Keseriusan tampak dari Babinsa Koramil Setiabudi Serka Jumadi dan Koptu Samsir. Upaya mereka perlu diacungin jempol mengingat meski keduanya tengah menjalankan puasa, tetapi tidak segan-segan dan tanpa pamrih ikut menyabit padi serta mengumpulkan sebagian hasil panen, kemudian ditata rapi dalam sebuah kumpulan dan siap digiling.

Tepatnya di persawahan wilayah Kota Depok terdapat Kelompok Tani yang sangat memerlukan pendampingan, agar proses panen dapat berlangsung lebih cepat, harapannya hasil panen dapat meningkat dari produksi atau periode sebelumnya.

“Dalam kondisi apapun kami harus tetap ada, mulai dari pengolahan lahan, perawatan hingga panen, dalam rangka mencukupi ketersediaan stok ataupun serapan gabah oleh Bulog, karena sejatinya tugas kami harus selalu siap mengatasi kesulitan yang dialami warga”, kata Jumadi.

Dalam kesempatan lain, Dandim Jakarta Selatan Letkol Arh Aji Prasetyo Nugroho, S.Sos, M.M. menanggapi apa yang dilakukan para Babinsa tersebut merupakan bagian dari program pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan, sesuai dengan MOU Kementan bersama TNI, sekaligus dalam upaya memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“ Upaya khusus (upsus) pendampingan Pok Tani sudah dilaksanakan sejak 2012 dan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam upaya mewujudkan swasembada pangan. Tidak ada yang salah untuk terus mendukung terciptanya ketahanan dan kedaulatan pangan,” jelas Dandim.

Dandim juga menambahkan bahwa Babinsa merupakan ujung tombak paling terdepan selaku aparat Kewilayahan, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga diharapkan mampu mendorong para petani untuk dapat meningkatkan produksi demi pencapaian target”, pungkas Dandim.

Check Also

Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 Kelurahan Pademangan Barat Mengadakan Giat Himbauan 3 M Dan Gelar Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Ditengah wabah pandemi Covid-19, Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 sebagai …