Home / Berita Satuan / Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Tugu Utara Perluas Wawasan Kebangsaan Pelajar SMPN 114

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Tugu Utara Perluas Wawasan Kebangsaan Pelajar SMPN 114

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan sejak dini mutlak bagi generasi muda khususnya para pelajar. Babinsa Tugu Utara Koramil 01 Koja Sertu Budi Utomo memahami kebutuhan ini dan bersama rekan lainnya menyambangi siswa/i SMPN 114 di Jl. Haji M. Darpi Kel. Tugu Utara Kec. Koja Jakarta Utara, Senin (02/04/18).

Kepala Sekolah dan para Guru menyambut kehadiran Sertu Budi dengan menyiapkan tempat dan segala sesuatunya demi kelancaran kegiatan.

Pointers materi Wasbang disampaikan, agar dapat lebih dipahami dan di mengerti. Perwujudan dan berkembangnya kecintaan kepada tanah air, adalah sasaran utama penyuluhan.

Dalam pembukaan, Sersan Budi menyinggung tata cara dan urutan Upacara Bendera barusan, merupakan bentuk atau tampilan kecintaan terhadap bangsa, karena di dalamnya ada penghormatan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Menaruh tangan di pelipis saat memberi penghormatan, kiranya tidak dimaknai hanya sebatas kewajiban ataupun seremonial belaka, namun harus dipahami hal itu adalah besaran kebanggaan diri kita kepada tanah air dan bangsa, disamping penghargaan yang tulus kepada para Pahlawan yang telah berjuang mati-matian merebut dan memerdekakan Bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus menghormati simbol dan lambang-lambang Negara tersebut”, pinta Budi.

Lebih lanjut dijelaskan aplikasi kecintaan terhadap tanah air untuk kalangan pelajar dapat berupa kedisiplinan.

”Disiplin dalam segala hal harus senantiasa diterapkan (dibiasakan), mulailah dari diri masing-masing seperti tidak terlambat hadir ke sekolah, mengumpulkan tugas (PR) tepat waktu, taat kepada Guru serta mematuhi semua aturan dan tata tertib Sekolah”, kupasnya.

“Kalau di rumah, ya harus patuh pada orang tua, taat ibadah dan respek pada lingkungan”, pungkas Budi.

Kepala Sekolah SMPN 114, Ramli M. PD beranggapan kegiatan serupa hendaknya terus dilakukan guna meningkatkan semangat belajar serta bekal pengetahuan dalam menerapkannya di keseharian.

Check Also

Himbau Protokol Kesehatan, Serma Purwanto Komsos di Pasar Saraswati

Kodam Jaya – Tangerang. Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, anggota Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr, …